MEMELIHARA
UNIT KOPLING MANUAL DAN OTOMATIS
|
1.KOPLING(CLUTCH)
Kopling berfungsi
meneruskan dan memutus putaran dari poros engkol ke transmisi(perseneling)
ketika mulai atau mau
menjalankan kendaraan atau merubah kecepatan kendaraan.umumnya kopling yang
digunakan pada sepeda motor adalah kopling tipe basah dengan plat ganda,artinya
kopling dan komponen lainnya terendam oleh minyak pelumas dan terdiri dari
beberapa plat kopling.
Kopling menrurut cara kerjanya ada dua jenis,yaitu:
1.kopling mekanis
2.Kopling otomatis.
Cara kerja kedua jenis kopling ini sangat berbeda
ketika memutus dan menghubungkan putaran poros engkol.
1.Kopling mekanis(Manual cluth)
Kopling
mekanis adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh handle kopling dengan cara menarik handel kopling ketika mau
membuka dan memutus putaran dari poros engkol.kedudukan kopling ada yang
terdapat pada crankshaft(poros
engkol/kruk as).misalnya sepeda motor:Vespa,H70,800 dll.ada juga kedudukanya
pada mainshaft(as primer) contohnya
pada sepeda motor:CB,Yamaha,Suzi dan Kawasaki.
Gambar 1.1 Kopling Mekanis
Pada
gambar 1.1 adalah contoh kopling mekanis Jupiter
MX 135 LC.Penggunaan kopling
mekanis pada sepeda motor hanya digunakan pada sepeda motor type sport dengan kecepatan tinggi.Model
kopling mekanis cara pengoprasiannya untuk membuka dan menutup kanfas kopling
dengan cara menarik kabel kopling yang dipasang pada handel sebelah kiri dan
dihubungkan dengan tuas pengungkit pada kabel ujung bawah.keuntungan
menggunakan kopling mekanis adalah tarikan sepeda motor lebih responsif
disetiap putaran dengan beban kendaraan disetiap medan yang berbeda.dari segi
perawatan dan ekonomi lebih hemat.soalnya pada kopling makanis tidak memerlukan
kopling otomatis sebagai peredam putaran dari poros engkol.untuk penggantian
suku cadang hanya berkisar di kabel kopling,kanfas kopling dan pegas(per)
kopling.lain dengan sepeda motor yang menggunakan kopling otomatis.selain
memerlukan perawatan yang lebih dan biaya penggantian suku cadang yang lebih
mahal dari kendaraan yang menggunakan kopling mekanis.
Gambar.1.2.Komponen kopling model plat piringan dengan pegas diafragma
Keterangan dari gambar diatas.
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma)
2. Diaphragm spring
3. Diaphragm spring seat (dudukanpegas diapragma)
4. Pressure plat (plat penekan)
5. Pullrod and bearing (batang pendorong dan bantalan)
6. Friction plates (plat gesek)
7. Plain plates (plat yang digerakkan
8. Nut and lockwasher (mur & cincin pengunci kopling)
9. Wire retaining ring (cincin kawat penahan)
10. Inner plain plate (plain plate bagian dalam)
11. Inner friction plate (plat gesek bagian dalam)
12. Anti-judder spring (pegas)
13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)
14. Clucth centre (kopling tengah)
15. Thrust washer (cincin pendorong)
16. Clucth housing (rumah kopling)
17. Needle bearing (bantalan)
18. Starter clutch gear (gigi kopling starter)
19. Needle bearing (bantalan)
20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter)
21. Gearbox input shaft (poros masuk
transmisi.
Pada gambar 1.2 diatas merupakan komponen komponen
kopling mekanis untuk kendaraan Honda GL series.pada dasarnya cara kerja dan
fungsi masing masing komponen pada setiap kendaraan sama.yang membedakan hanya
bentuk dan ukurannya saja.perbedaan yang paling menonjol pada komponen kopling
mekanis adlah pada bentuk plat penekan dan tuas pendorong pengungkit.ada
beberapa macam model/cara menghubungkan dan melepas plat penakan dengan plat
plat kopling.ada model pembebasan dari dalam dengan menekan plat kopling dan
ada juga pembebasan dari luar dengan menekan plat kopling kearah dalam dari
luar.
1.1.Sistem
kopling mekanis terdiri dari bagian bagian,yaitu:
a.Mekanisme
handle terdiri dari:
·
Handel.
Merupakan tuas
perantara untuk menekan(membuka)mekanisme kopling yang ada didalam mesin.
Gambar 1.3 Mekanisme
handel
·
Tali kopling(kabel
kopling).
Gambar 1.4 Kabel Kopling
Tali kopling
berfungsi untuk meneruskan tenaga mekanis ke batang penekan ketika handel
ditekan.
·
Tuas(batang penekan)
Berfungsi
merubah gaya tarik dari inner cable(kawat
kopling) menjadi gaya putar atau tekan untuk mendorong/menekan pen pendorong(stut kopling).
·
Pen pendorong(stut
koplin)
Pen pendorong
berhubungan langsung dengan tuas penekan dan plat penutup pegas kopling.pada
sepeda motor tertentu penempatan penpendorong dari dalam mainshaft(poros utama/as kopling)yang ditambahi dengan sebuah bola
baja(peloran).biasanya pada sepeda motor jenis YAMAHA yang menggunakan sistem
kopling mekanis.
b.Mekanisme
kopling terdiri dari
·
Driven gear(gigi
penggerak/gear kopling house)
Merupakan gigi pemhubung untuk meneruskan putaran dari
gigi pada poros engkol.
Gambar 1.5 Driven Gear.
·
Rumah kopling(cluth
housing).
Berfungsi sebagai tempat plat
kopling,kanfas kopling,pir kopling,karet kopling,plat penekan dan clucth
center.
Gambar 1.6 Rumah Kopling
·
Plat gesek(friction
plate/kanfas kopling).
Berfungsi sebagai pemutus dan
penerus putaran dari gigi utama poros engkol ke rumah kopling ketika handel
kopling ditarik dan dilepas.
Gambar 1.7 Kanfas Kopling
·
Plat kopling(plain
plat).
Berfungsi sebagai penerus dan
pemutus putaran dari kanfas kopling ke rumah kopling.Plat kopling besinggungan
dengan kanfas kopling.tetapi tempatnya nok nya berbeda.kalau plat kopling pemasngannya
dihubungan dengan center clucth.Sedangkan
kanfas kopling pemasangan daun kanfas dihubungkan dengan house cluth(rumah kopling).
Gambar 1.8 Plat kopling
·
Per kopling(pegas
kopling).
Berfungsi sebagai perekat dan
pengembali kanfas kopling ketika handel kopling ditarik atau dilepas.
Gambar 1.9 Pegas kopling
Pada sepeda motor tertentu
pegas kopling tidak menggunakan per sepiral seperti gambar 1.9.melainkan dengan
pegas diafragma yaitu berupa lempengan lempengan
plat baja yang berbentuk
seperti sirip sirip untuk kalangan perbengkelan ada yang menyebut kuku macan.tetapi fungsinya tetap sama
dengan pegas model spiral.pegas diafragma lebih rumit dan banyak kekurangannya
dibanding dengan pegas model spiral.pegas diafragma sendiri diaplikasikan pada
sepeda motor jenis FD 110,JUPITER – ZR dan yang terbaru HONDA BLADE.contoh
gambar kopling yang menggunakan pegas diafragma seperti gambar 1.10.di
bawah.
Gambar 1.10 kopling dengan diafragma honda blade
Buat
pemilik Honda Blade, Revo 110, dan Yamaha Vega ZR.sebagai informasi, kopling pegas diafragma bukan pakai per spiral
seperti terlihat pada rumah kopling generasi sebelumnya. namun,
pegas itu dari lempengan pelat baja dengan bentuk lingkar dalam melengkung.boleh dibilang, teknologi ini masuk kategori lawas
dan dipopulerkan kembali oleh dua merek sekaligus. Hanya, ada anggapan kalau
kopling model per diafragma kurang kuat dan susah perawatannya, bahkan untuk
mencari per aftermarket atau ingin meningkatkan
performa, hal itu termasuk paling sulit.Kalau soal perawatan, baik kopling per
spiral, maupun diafragma sama saja caranya,sebab
kemampuannya tergantung dari ketebalan dan kinerja kampas dan pelat kopling itu
sendiri.
·
Plat penekan.
Plat ini berhubungan langsung
dengan baut pengikat(baut 10mm).yang inti kerjanya sebagi pembebas dan
penghubung putaran kanfas kopling ke main shaft.
Gambar 1.11 Plat penekan
·
Kopling
tengan(center cluth).
Berfungsi sebagi tempat
susunan kanfas kopling dan plat kopling.
Gambar 1.12 Center cluth
·
Batang
peneka/pembebas(release rod)
Berfungsi sebagai penekan
tutup per kopling agar kopling terbebas dari putara mesin.
Gambar 1.13 Rangkaian kopling GL SERIES.
Rumah kopling ditempatkan di poros utama(main shaft)
yaitu poros yang menggerakkan semua gigi transmisi.Tetapi rumah kopling bebas
terhadap poros utama dikarenakan di dalam rumah kopling terdapat bosh(bantalan
luncur).pada bagian luar rumah kopling terdapat roda gigi yang berhubungan
dengan roda gigi poros engkol.sehingga bila poros engkol berputar rumah kopling
juga ikut berputar.
Agar putaran rumah kopling sampai pada poros utama,maka
pada poros utama dipasang hubungan kopling.untuk menyatukan hubungan kopling
dengan rumah kopling digunakan dua tipe plat,yaitu plat tekan(clucth driven)
dan plat gesek(friction plate/kanfas kopling).kanfas kopling dapat bergerak
bebas terhadap hubungan kopling ,tetapi tidak bebas terhadap rumah
kopling(house kopling).sedangkan plat tekan(plat kopling) dapat bebas dapat
bergerak bebas terhadap rumah kopling,tetapi tidak bebas terhadap hubungan
kopling.intinya,ketika melakukan pemasangan unit kopling.sebalum perkopling
dipasang plat penekan dan center kopling harus dapat berputar kekanan dan
kekiri.sedangkan rumah kopling(kopling house) tidak ikut berputar.kemudian
setelah dipasang per kopling dan plat pengungkit seluruh unit koplig(kopling
house,plat,kanfas kopling,per,plat penekan,plat center).
1.2.Cara Kerja Kopling
Mekanis.
Bila handel kopling tidak ditekan,maka plat kopling dan
plat gesek dijepit oleh piring penekan(cluth pressure plate) dengan bantuan
pegas kopling,sehingga tenaga putar dari poros engkol diteruskan ke roda
belakang.
Sedangkan bila handel kopling ditekan kawat kopling akan
menarik pembebas kopling.pembebas kopling akan menekan batang
tekan(pushrod)yang ditempatkan poros utama/pada bantalan
peluru(klaker).pushrod(stut kopling)akan meneka/mendorong pengungkit kopling
secara berlawanan dengan arah pegas kopling.Akibatnya plat gesek dan plat
penekan akan saling merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada
poros utama(yang berputar hanya rumah kopling dan plat gesek.
Ilustrasi aliran tenaga(putaran) dari mesin ke kopling
dan ke transmisi.
Gambar 1.14 Ilustrasi ketika handel
kopling ditekan
Pada gambar 1.14 mengilustrasikan saat
handel kopling ditekan sehingga putaran dari poros engkol tidak diteruskan ke
transmisi karena plat kopling dan kanfas kopling saling berenggangan akibat
dari plat penekan di buka/ditekan oleh pushrod(stut
kopling).
Gambar 1.15 Ilustrasi handel kopling
setengah ditekan
Pada gambar 1.15 diatas mengilustrasikan ketika handel kopling mulai
dilepas/ditekan.pada saat ini plat plat penekan dan kanfas kopling mulai
berhubungan sehingga putaran dari mesin(poros engkol)mulai
diteruskan/deputus ke poros utama(main shaft)
tenaga putar dari poros engkol hanya separuh yang diteruskan ke poros utama
kopling.
Gambar 1.16 Ilustrasi handel kopling
posisi bebas.
Gamar 1.16.Mengilustrasikan saat handel kopling dilepas.putaran
dari poros engkol diteruskan ke gear box transmisi.plat dan kanfas kopling
saling berhubungan.
Pada tipe kopling mekanik terdapat dua cara untuk
membebaskan kopling,yaitu secara manual dan hidrolik.metode pembebasan kopling
secara manual adalah dengan menggunakan media perantara berupa kabel kopling
yang yang ditarik oleh handel kopling.Sedangkan yang pembebasan dengan hidrolik
pada dasarnya hanya meggantikan kabel kopling dengan minyak hidrolik.selain itu
model kopling hidrolik lebih nyaman dan lembut waktu pengoprasianya,tetapi
memerlukan biaya yang mahal untuk perawatan komponen komponen kopling
hidrolik.dapat dilihat pada gambar dibawah ini komponen komponen pembebas kopling
hidrolik.
Gambar 1.17 komponen pembebas kopling
hidrolik.
1.3 Terdapat tiga tipe untuk
pembebasan kopling secara manual,yaitu:
1) Tipe dengan arah penekanan plat kopling dari arah luar
ke dalam(outer push type)
Pada tipe ini jika handel
kopling ditarik,plat penekan akan ditekan kearah dalam,sedangkan posisi batang penekan(stut
kopling)berada disebelah kanan pada bak kopling.contoh seperti sistem kopling
honda gl,win,tiger dkk.
Gambar 1.18 Pembebasan kopling dengan outer push type
2)Tipe dengan mendorong kearah luar dari dalam(inner push
type)
Pada tipe ini
jika handel kopling ditarik,plat penekan akan ditekan kearah luar dari sebelah
dalam.pada tipe ini batang penekan ditempatkan didalam poros utama.
Gambar 1.19 pembebas kopling dengan inner
push.
3)Tipe rack and pinion
Pada tipe ini
rata rata digunakan pada sepeda motor kecepatan tinggi,karena kontruksi pada batang
penekan dan tuas pembebas langsung berhubungan.sehingga diyakini cara
pembebasan kopling lebih cepat dan akurat.selain itu mmempunyai daya tahan yang
tinggi.
Gambar 1.21 Pembebas kopling dengan
sistem Rack dan Pinion
Sedangkan metode pembebasan kopling tipe
mekanik dengan menggunakan sistem hidrolik adalah dengan mengganti fungsi kabel
kopling oleh cairan hidrolik.cara kerjanya hampir sama dengan sisrtem rem yang
menggunakan cairan hidrolik.jika handel kopling ditarik batang pendorong(pushrod) pada master silinder mendorong cairan
hidrolik yang
berada pada slang.kemudian cairan akan menekan piston
yang tedapat pada silinder pembebas(Release cylinder).
Gambar 1.22 Kaliper kopling hidrolik
Gambar dibawah ini dapat
menjelaskan komponen pembebas dengan hidrolik beserta cara pemasangannya.
Gambar1.23 tabung minyak(master) hidrolik pada sistem kopling
hidrolik.
Gambar 1.24 Pemasangan slang hidrolik pada handel kopling.
Gambar 1.25 Pemasangan kaliper kopling hidrolik
Gambar 1.26 Penyetelan daya pembebas kopliong
Manfaat dari dari kopling hidrolik pada sepeda
motor tarikan tuasHandel kopling) lebih ringan selain itu sepeda motor terlihat
sangat keren.dari segi kerja kopling hidrolik lebih tahan lama dari pada
kopling yang menggunakan kabel.
Pada gambar diatas dapat dijelaskan
cara pemasangan kopling hidrolik sepeda motor,yaitu:
·
Rangkai perangkat kopling
sebelum aplikasikan pada sepeda motor.mulai dari handel kopling,dudukan
handel,tabung oli dan slang.karena pada saat membeli part kopling hidrolik
kondisinya masi terpisah dan harus disesuaikan(Gbr 1.2 dan Gbr 1.3)
·
Setelah merangkai,masukkan oli
ke master handel(tuas utama).dan pompa/kocok dengan tarik lepas handel kopling
sampai dirasa tarikan mengeras.maksudnya agar oli masuk ke slang dan kaliper
kopling.
·
Setelah itu pasang perangka
kopling hidrolik pada tempatnya.
·
Setelah kopling hidrolik
terpasang,seting baut yang ada pada tuas kopling(kaliper kopling).yang
bertujuan mengatur tingkat kekerasan pada handek kopling ketika ditarik.(Gambar
1.23 Penyetelan kopling hidrolik).
Penjelasan singkat pembebasan koplinfg dengan
hidrolik ketika tuas kopling(handel) ditarik silinder master handel akan
mendorong cairan menuju kaliper bawah.cairan tersebut akan mendorong piston
keluar dan mendorong pushrod yang
terdapat pada bagian dalam poros utama transmisi.pergerakan pushrod pada poros utama akan
menyebabkan plat penekan pada kopling akan tertekan sehingga kanfas dan plat
akan terbebas dan putaran mesin tidak dapat diteruskan ketransmisi.
Metode pembebasan kopling dengan hidrolik
mempunayai keuntungan antara lain:Lembut,dan ringan dalam melapas dan
menghubungkan rangkaian kopling,bebas penyetelan dan perawatan kecuali
pemeriksaan berkala tehadap cairan hidrolik dan penggaantian cairan dan perapat
seal.dengan pergerakan yang lembut dan ringan tersebut tipe ini dapat
menggunakan pegas yang lebih kuat agar daya cengkram antar plat semakin
baik.sehingga proses pelepasan dan penghubung putaran dari poros engkol ke
transmisi jadi semakin baik.
2.Kopling Otomatis (Automatic
Clutch)
Kopling
otomatis adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh tinggi rendahnya putaran
mesin itu sendiri.digunakan pada kendaraan lama misal,A 800,SUZUKI FR,YAMAHA V
80 dll.tetapi model kopling tersebut mengalami perbahan kontruksi dan
bentuk.hanya cara kerjanya yang tetap.untuk jaman sekarang disebut kopling
ganda seperti pada gambar 1.27 dimana cara terhubung antara plat dan kanfas
dilakukan dengan otomatis.kedudukan kopling berada pada poros engkol ada juga
berda pada poros utama transmisi seperti halnya pada kopling mekanis.untuk
sepeda motor jenis terbaru rata rata menggunakan tipe kopling otomatis model
sepatu sentrifugal.di kampas kopling ganda ini ada dua komponen
pokok,yaitu
Gambar 1.27 rumah kopling dan sepatu kopling
1-clutch housing(rumah kopling)
Rumah kopling ini berfungsi meneruskan
putaran ke roda gila atau fly wheel.
2-clutch housing(sepatu kopling/kampas).
Sepatu kopling ini akan memutus dan
menghubungkan putaran dari poros engkol ke roda gila melalui rumah kopling.
Sekilas cara kerjanya adalah sepatu
kopling atau kampas kopling ganda ini terhubung dengan poros engkol( crankshaft
).disaat sepatu kopling ini mendapat gaya putar (dengan putaran tertentu), maka
sepatu kopling ini akan terlontar.dengan putaran tinggi sepatu kopling akan
menempel pada rumah kopling sedangkan dengan putaran rendah atau langsam sepatu
kopling ganda ini tidak akan terlontar atau tidak menempel pada rumah
kopling,proses ini biasa juga disebut gaya
sentrifugal.dapat disimpulkan bahwa putaran mesin tidak akan
terhubungkan dengan gear transmisi walau posisi gear masuk.bila putaran mesin
dalam keadaan langsam.sekarang dapat kita pahami kenapa motor bebek tanpa
kopling manual/kopling tangan, tidak mati bila dalam posisi gigi persnel masuk
dan putaran mesin dalam kondisi langsam.yaa…karna kopling otomatis tidak
terhubung ke flyweel.berbeda pada motor yang full clutch/kopling tangan,apabila
gigi persnel masuk sementara kopling dilepas maka mesin akan langsung mati bila
putaran mesin langsam/tanpa di gas.
Mekanisme
atau peralatan kopling otomatis tidak berbeda dengan kopling mekanis.hanya saja
tidak menggunakan handel,sebagai gantinya ada alat khusus yang bekerja secara
otomatis,seperti:
a)
Otomatis Kopling.
Terdapat pada kopling
tengah.seperti gambar di bawah ini.
Gambar 1.28 Komponen kopling sentrifugal
Seperti penjelasan diatas
bahwa kopling otomatis secara kusus mempunyai fungsi sebagai pengganti koplik
mekanis.bila sepeda motor tidak menggunakan kopling mekanis(kopling tangan)
pada rangkaian kopling harus ditambah dengan kopling otomatis(kopling
ganda)agar proses pengoprasian gigi transmisi berjalan dengan lembut dan tidak
terjadi hentakan bila tuas perseneling dilepas secara tiba tiba.berbagai macam
bentuk dan ukuran kopling otomatis yang digunakan pada sepeda motor.tetapi
secara fungsinya tetap sama.
b)
Bola Baja Keseimbangan Gaya Berat (roller weight)
Gambar 1.29 Roller weight pada yamha dan supra x 125.
Berfungsi sebagai penekan plat
dasar waktu mesin mengalami perubahan putaran dari idle ke menengah/tinggi.
c)
Per kopling yang lemah.
Berfungsi untuk
mengembalikan/menetralkan kopling waktu mesin putaran idle.per kopling jenis
ini dapat dilihat pada gambar 1.24.untuk jenis sepeda motor yamaha dan suzuki hanya
memakai satu buah per kopling lemah dan berbentuk bulat spiral.sedangkan pada
sepeda motor jenis honda menggunakan lima buah per dengan bentuk kotak
spiral(seperti per boshtle dinamo stater).
d)
Pegas Pengembali(return
spring).
Gambar 1.30 Pegas kopling,kanfas,plat dan karet kopling sentrifugal.
Pegas ini berguna untuk mengembalikan cepat kanfas
sentrifugal bila mesin hidup dari putaran tinggi menjadi rendah.seperti
dijelaskan diatas kopling otomatis terdiri dari kopling pertama dan kopliong
kedua.Kopling Pertama ditempatkan
pada poros engkol,komponennya terdiri dari tiga buah sepatu kanfas,pemberat
sentrifugal,pegas pengembali dan rumah kopling.
Secara lengkap cara kerja
kopling otomatis tipe sentrifugal sebagai beriku:
Pada putaran tansioner/langsam/putaran rendah,putaran
poros engkol tidak diteruskan pada gigi pertama penggerak(primary drive gear)
maupun ke gigi pertama yang digerakkan (primary driven gear).ini terjadi karena
rumah kopling bebas(tidak berputar)terhadap kanvas,pemberat,dan pegas
pengembali yang terpasang pada poros engkol.
Gambar 1.31 Kontruksi kopling otomatis tipe
sentrufugal,(A) sentrifugal tipe sepatu kanfas,(B) Sentrifugal tipe plate.
Pada saat putaran rendah gaya sentrifugal
dan kanvas kopling,pemberat menjadi kecil sehingga sepatu kopling terlepas dari
rumah kopling dan tertarik ke arah poros engkol,akibatnya rumah kopling yang
berkaitan dengan gigi pertama penggerak menjadi bebas terhadap poros engkol.
Saat putaran mesin bertambah
gaya sentrifugal semakin besar sehingga mendorong kanvas kopling mencapai rumah
kopling dimana gayanya lebih besar dari gaya tarik pengembali.rumah kopling
ikut berputar dan meneruskan ketenaga gigi pertama yang digerakkan.
Sedangkan kopling kedua
ditempatkan bersama primary driven gear pada poros center(counter shaft)dan berhubungan langsung dengan mekanisme pemindah
gigi.kopling kedua dibebaskan oleh pergerakan poros pemindah gigi(gear shifting shaft).
3.Tipe tipe kopling
Selain dibedakan menurut cara
kerjanya tipe kopling juga dibedakan sebagai berikut:
1) Berdasarkan
Konstruksi Kopling.
a.
Kopling tipe
piringan
Kopling tipe piringan (disc) terdiri dari berbagai plat
gesek(friction plat) sebagi plat
penggerak untuk menggerakkan kopling.Plat gesek dan plat yang digerakkan (plain plate) pada tipe kopling manual
digerakkan oleh per/pegas.baik jenis pegas spiral/keong.maupun pegas diafragma
seperti yang digunakan oleh honda
Revo,Blade dan Jupiter ZX.
Gambar 1.32 Kopling piringan dengan
penggerak tipe diafragma spring.
Selain kopling dengan pegas diafragma
seperti gambar diatas,kopling piringan dapat digerakkan secara otomatis
berdasarkan gerakan sentrifugal.seperti gambar 1.26.untuk jenis kopling
piringan letak perbedaannya hanya pada pegas kopling.untuk jenis kopling tipe
piringan pega kopling berbentuk lempengan/plat baja yang tirus kearah luar dari
plat penekan dan disebut pegas diafragma.pada dunia bengkel sering disebut kuku macan.kontruksi
kopling tipe plat hanya digunakan pada motor motor lama seperti suzuki
rc,bravo,tornado,sogun dan yang motor baru hanya pada jenis sepeda motor sperti
yang disebut diatas.
Sebagai tambahan dan pengingat,untuk
gambar 1.27 pada bagian atas merupakan kontruksi kopling kendaraan
ringan(mobil).hanya suzuki smash yang kontruksi plat plat koplingnya mirip
dengan kendaraan ringan.
b.
Kopling Sepatu
Sentrifugal.
Kopling sepatu sentrifugal (the shoe tipy
centrifugal clucth) terdiri dari susunan sepatu atau kanfas kopling yang akan
bergeak kearh luar karena gerakan sentrifugal saat kopling berputar.kopling ini
akan meneruskan putaran dari mesin
ketransmisi setelah gerakan sepatu kanfas kearah luar berhubungan dengan rumah
kopling(mangkuk kopling) sehingga rumah kopling tersebut ikut berputar.bentuk
dan komponen kopling sentrifugal(kopling ganda) dapat dilihat seperti gambar di
bawah ini.
Gambar.1.33 kopling mekanis,kopling sentrifugal dan mangkuk
kopling(rumah kopling sentrifugal)
Keterangan
gambar 1.28
Dapat
dijelaskan pada umumnya kendaraan sepeda motor yang beredar di indonesia
menggunakan kopling sentrifugal jenis sepatu sentrifugal.kopling sentrifugal
tentu harus kita ingat bahwa sebagai pengganti kopling mekanis(kopling yang
cara menghubuingkan dan memutus putaran dari poros engkol ke transmisi dengan
menarik hadel).seperti gambar 1.28 merupakan contoh sistem kopling pada honda
astrea yang cara kerjanya telah dijelaskan pada halaman 17.sepeda motor yang
menggunakan jenis kopling otomatis memiliki kelebihan dan kekurangan.terutama
pada segi ekonomi harus mengeluarkan biyaya yang lebih karena,untuk penggantian
komponen kopling otomatisnya saja 1 pc dipasaran sekitar 600 ribu belum
termasuk ongkos pasang dll.sangat beda dengan koplinng mekanis yang hanya
memerlukan penggantian pada komponen mekanis nya saja(kanfas kopling,karet
kopling house,inner cable dll).pabrikan sepeda motor memang menciptakan
kendaraan dengan berbagai enovasi dan kreasi dengan maksud tujuan memberikan
pelayanan,kepuasan dan keselamatan bagi setiap pengendara.serta hasil karya
meraka dapat dinikmati dan dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masarakat.
c.
Kopling “v” Belt
Kopling V belt merupakan kopling yang terdiri dari sabuk
dan pully.kopling akan bekerja meneruskan putaran dari mesin bila ada gaya
sentrifugal yang menjepit V terserbut.
Gambar 1.34
Kopling dengan sabuk V dan komponen penggeraknya.
Pada ganbar 1.28 merupakan kopling
jenis sabuk(untuk motor metik pada umumnya)dimana mekanisme V-belt tersimpan
dalam ruangan yang dilengkapi dengan sistim pendingin untuk mengurangi panas
yang timbul karena gesekan sehingga bisa tahan lebih lama. Sistim aliran
pendingin V-belt ini dibuat sedemikian rupa sehingga terbebas dari kotoran /
debu dan air. Lubang pemasukan udara pendingin terpasang lebih tinggi dari as
roda untuk menghindari masuknya air saat sepeda motor berjalan di daerah banjir.(lebih
lengkap dibahas di bab transmisi otomatis dan konvensional)
Secara singkat Rangkaian Rute Tenaga kopling model V
adalah:
1.
Poros engkol langsung mengkopel pulley primary dan
dengan V-belt memutar pully secondary.
2. Untuk
menggerakan roda belakang menggunakan kopling centrifugal yang akan memutar
rumah kopling
3. Gaya
centrifugal dari putaran rumah kopling ke putaran roda, direduksi melalui roda
gigi perantara (gearbox) sehingga menghasilkan dua tahap reduksi.
Konstruksi dan Fungsi
·
Bagian Pully Primary ( Pully Pertama
seperti gambar 1.34 )
Pada bagian poros engkol
terdapat collar yang dikopel menyatu dengan fixed sheave (kita sebut F sheave),
yaitu bagian pulley yang diam dan cam. Adapun sliding sheave (kita sebut S
sheave) piringan pully yang dapat bergeser terdapat pada bagian collar.untuk
menarik dan menjepit V-belt terdapat rangkaian slider section. Piringan pully
yang dapat bergeser ( S sheave ) akan menekan V-belt keluar melalui pemberat
(roller weight) karena gaya centrifugal dan menekan ” S ” sheave sehingga
bentuk pully akan menyempit mengakibatkan diameter dalam pully akan membesar.Secara
singkat didalam cam terdapat enam buah pemberat(roller) yang di tempatkan pada
pully penggerak.ketika putaran mesin bertambah dengan beban kecil roller akan
terdorong keluar karena gaya sentrifugal otomatis pully penggerak akan menekan
sabuk V dan meneruskan putaran mesin ke pully belakang(pully ke dua)pada pully
belakang dipasang kopling otomatis(kopling ganda)pemasangan ini bertujuan untuk
meneruskan putaran mesin ke roda.
2).Berdasarkan Kondisi Kerja Kopling
a.Wet
clutch (kopling basah)
Kopling basah merupakan salah
satu tipe yang ditinjau berdasarkan kondisi kerja kopling.yaitu merendam bagian
bagian kopling di dalam cran case (bak engkol/bak kopling) dengan minyak
pelumas/oli.pelumas berfungsi sebagai pendingin untuk mencegah kopling terbakar.fungsi
lainnya adalah untuk melumasi bushing dan bearing yang terdapt pada rumah
kopling dan melumasi kanvas dan gigi yang terdapat pada plat kopling.untuk pengetahuan bila menemukan kejadian
kanfas kopling terbakar disarkan melubangi rumah kopling luar,agar oli pelumas
dapat bersirkulasi/masuk ke plat dan kanfas kopling.seperti gambar dibawah ini.
Gambar
1.35 Pengeboran rumah kopling luar
Pada saat penambahan lubang
jalur oli pada rumah kopling,rumah kopling harus dilepas dan dijepit pada ragum
untuk keamanan.selain itu pemberi lubang pelumas pada rumah kopling dapat
mencegah kopling selip dan dapat meningkatkan akselerasi motor.
b).Dry Clutch
Kopling
kering digunakan untuk mengatasi kelemahan kopling basah.gesekan kopling basah
tidak sebanyak kopling kering,sehingga membutuhkan jumlah plat kopling lebih
banyak.disebut kopling kering karena penempatan kopling berada diluar ruang oli
yang berhubungan langsung dengan udara luar.untuk pengguna kopling kering hanya
digunakan pada jenis motor balap dengan kecepatan tinggi.alasan utamanya adalah
pada motor balap dibutuhkan respon yang lebih baik dan cepat walau kerja
kopling yang dihasilkan agak kasar dari pada kopling basah.selain itu dengan
kopling kering tentunya akan mengurangi berat kendaraan.contoh gambar kopling
kering seperti i bawah ini.
Gambar 1.36 Motor
dengan kopling kering.
Contoh Clutch pada Ducati
Gambar
1.37 Kanvas kopling dan plat kopling ducati 900cc.
Sistem clutch / kopling pada
motor Ducati terbagi menjadi 2 tipe yang diaplikasikan, yaitu sitem kopling
kering (dry clutch system) dan sistem kopling basah (wet clutch system). Kedua
tipe tersebut menggunakan sistem pelat kopling majemuk / multiple clutch plates
namun masing-masing sistem mempunyai bentuk kanvas yang sedikit berbeda dengan
yang lainnya. Jumlah lempengan pelat dan lembar kanvas pada kedua sistem
kopling tersebut (basah maupun kering) bervariasi tergantung pada tipe dan
tahun dari motor itu diproduksi, tapi rata-rata jumlahnya antara 5 – 7 lembar
kanvas kopling dan 7 – 9 lempengan pelat kopling (untuk motor sampai dengan
tahun 2009). Motor Ducati produksi tahun 2010 keatas menggunakan 11 lembar kanvas
dan 10 pelat kopling.
Sejak tahun 2004 Ducati
menggunakan sistem kopling basah APTC (Adler Power Torque
Plate Clutch) yang didesain dan dipatenkan oleh Adler dan dikembangkan oleh
R&D Ducati spesifik untuk motor Ducati. Motor pertama yang mengaplikasikan
sistem APTC ini adalah M620 dan M620 Dark. Keuntungan dari sistem
Adler ini adalah lebih ringan pada saat menarik pegas kopling dan juga
mengurangi efek ‘torsi balik’ sehingga menghindari ‘terkunci’ nya
ban pada saat penurunan gigi perseneling secara ekstrim. Motor Ducati
tahun produksi 2010 keatas menggunakan sistem APTC ini ditambah dengan
penggunaan servo motor listrik untuk membantu pergerakkan pelat dan kanvas
kopling didalam basket kopling tersebut.
Gambar
1.38 Kanvas kopling.
Kedua tipe kopling tersebut
diatas (basah / kering) mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Sistem kopling basah (sesuai namanya) terletak didalam mesin sehingga kanvas
dan pelat koplingnya terendam dalam oli mesin, ini diaplikasikan agar pertama
adalah supaya tidak perlu lagi membuat ruang khusus didalam mesin yang tidak
terkena oli sehingga membuat mesin lebih ringan, dan kedua adalah oli mesin
dipergunakan untuk membantu mendinginkan sistem kopling
tersebut. Sedangkan pada sistem kopling kering terdapat ruangan khusus
didalam mesin yang tidak berhubungan dengan oli dari mesin tersebut, sehingga
kopling bebas dari oli dan menggunakan udara sebagai pendinginnya.
Gambar
1.39 Kanvas kopling
Sistem kopling kering (yang
digunakan juga pada Moto GP) pada motor-motor Ducati sampai dengan tahun 2007
diterapkan pada motor dengan kapasitas 900cc keatas (M900, MS2R1000,
SS900, ST, MTS1000DS, dll) dan tipe Superbike (748, 749, 916-999).
Dimana mesin dengan kapasitas dibawah 900cc (kecuali tahun 2007 keatas) menggunakan
sistem kopling basah (M400, M600, M620, M750, MS2R800, SS750, dll).
Sistem kopling kering dapat
menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang dengan lebih
sempurna (relatif tanpa adanya slip) jika dibandingkan dengan kopling basah, yang
pastinya akan ada sekali-kali selip kopling karena adanya pelumasan oleh oli
mesin itu sendiri.
Gambar
1.40 komponen komponen kopling kering.
Sistem kopling basah, walaupun
sistem kerjanya tidak banyak berbeda dengan sistem kopling kering dan
secara performa tidak bisa sesempurna kopling kering dalam hal
penyaluran tenaganya namun relatif lebih awet dalam hal pemeliharaan dan
penggantian pelat maupun kanvasnya dibanding sistem kopling kering yang harus
lebih sering dibersihkan, diukur dan bahkan diganti pelat maupun kanvasnya
karena relatif lebih cepat ausnya. Mungkin karena itu juga motor Ducati
keluaran 2010 keatas lebih banyak mengaplikasikan kopling basah sebagai media
penyalur tenaganya, termasuk tipe Superbike 848, M1100evo, MTS1200
dan juga Diavel.
3)Berdasarkan tipe plat
kopling (plate kopling)
a)
Single or double plate
type (plat kopling tunggal atau ganda)
Plat kopling tunggal atau ganda digunakan
pada sepeda motor yang poros engkolnya
sejajar dengan rangka dan kopling tersebut dibautkan pada ujung rangka
tersebut.kopling mempunyai rangka tersendiri yang berada diantara mesin dan
transmisi.diameter kopling dibuatbesar agar menghasilkan luas permukaan gesek
yang besar karena hanya terdiri dari satu atau dua buah plat
kopling.kontruksinya seperti gambar dibawah ini.
b)
Multi-plate type (tipe
plat kopling banyak)
Kopling plat banyak adalah suatu
kopling yang terdiri dari plat gesek (friction
plate) dan plat yang di gerakkan (plai
plate) lebih dari satu pasang. Biasanya plat gesek berjumlah 7,8 atau 9
buah. Sedangkan plain plate selalu kurang satu dari jumlah plat gesek karena
penempatan plain plat selalu di apit diantara plat gesek.
Pada umumnya sepeda motor yang
mempunyai mesin dengan posisi poros engkol melintang menggunakan kopling tipe
plat banyak. Alasanya adalah kopling dapat di buat dengan diameter yang kecil.
Kopling plat banyak juga sedikit lebih ringan dibanding kopling plat tunggal,
namun masih bisa memberikan kekuatan dan luas permukaan gesek yang lebih besar.
Kopling plat banyak yang digunakan pada sepeda motor modern pada umumnya
kopling plat banyakl tipe basah (wet
multi-plate type). Tetapi pada kenyataanya sepeda motor jenis terbaru masih
menggunakan kopling biasa.untuk penggunaan kopling plat banyak hanya digunakan
pada sepeada motor balap dengan kecepatan tinggi seperti yang telah dibahas
pada materi sebelumnya.Kontruksi kopling plat banyak seperti terlihat pada
gambar di bawah ini.
Gambar.1.42.Komponen kopling model plat piringan dengan pegas diafragma
Keterangan dari gambar diatas.
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma)
2. Diaphragm spring
3. Diaphragm spring seat (dudukanpegas diapragma)
4. Pressure plat (plat penekan)
5. Pullrod and bearing (batang pendorong dan bantalan)
6. Friction plates (plat gesek)
7. Plain plates (plat yang digerakkan
8. Nut and lockwasher (mur & cincin pengunci kopling)
9. Wire retaining ring (cincin kawat penahan)
10. Inner plain plate (plain plate bagian dalam)
11. Inner friction plate (plat gesek bagian dalam)
12. Anti-judder spring (pegas)
13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)
14. Clucth centre (kopling tengah)
15. Thrust washer (cincin pendorong)
16. Clucth housing (rumah kopling)
17. Needle bearing (bantalan)
18. Starter clutch gear (gigi kopling starter)
19. Needle bearing (bantalan)
20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter)
21. Gearbox input shaft (poros masuk
transmisi.
4).Berdasarkan posisi kopling
a)
Hubungan langsung
Maksud hubungan langsung adalah pemasangan kopling
langsung pada ujung poros engkol.sehingga putaran kopling sama dengan putaran
mesin.hanya pada sepeda motor keluaran lama yang menggunakan kopling hubungan
langsung.contoh pada gambar dibawah ini adalah sepeda motor(honda 70 dll) yang
menggunakan kopling hubungan langsung.
Gambar 1.43 posisi kopling tipe hubungan
langsung.
b)
Tipe Reduksi
Maksud dari tipe reduksi adalah pemasangan kopling
pada ujung poros utama/poros masuk transmisi.jumlah gigi kopling pada ujung
poros utam lebih banyak dibandingkan jumlah gigi penggerak pada poros engkol.kontruksi
kopling jenis ini banyak digunakan pada kendaraan kendaraan terbaru.seperti
gambar dibawah ini.
Gambar 1.44 Posisi kopling tipe reduksi pada honda GL Series.
Tugas I
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
1.
Sebutkan dua jenis kopling dan cara kerja berdasarkan
sistem operasinya!
2. Sebutkan
fungsi dari kopling!
3. Sebutkan
lima buah komponen kopling manual disch cluth!
4. Sebutkan 4
nama komponen penekan dari kopling hidrolik!
5. Sebutkan
aliran tenaga pada kopling hidrolik(enam buah)
6. Sebutkan
prinsip kerja dari sentrifugal clucth!
7. Apakah
yang dimaksud dengan cluth in!
8. Apakah
yang dimaksud dengan stalling!
Tugas II
1.
Sebutkan nama nama komponen yang telah diberi nomer pada
gambar dibawah ini.
1.
................
8.
....................
2.
................
9......................
3.
................
10.....................
4.
................
5.
................
6.
................
7.
................
2.
Sebutkan nama komponen yang telah diberi nomer pada
gambar.
1.
..............
2.
..............
3.
..............
4.
..............
5.
..............
6.
..............
7.
..............
8.
..............
9.
..............
10.
..............
11.
..............
12.
..............
13.
..............
14.
..............
15.
..............
16.
..............
17.
..............
18.
..............
Nama :
Kelas :
Program
keahlian :
|
Nilai
|
Tanggal
|
|
Paraf
|
|||
Orang
tua
|
instruktur
|
||
Ø MELAKUKAN OVERHOUL KOPLING MANUAL
DAN OTOMATIS BERIKUT KOMPONEN SISTEM PENGOPRASIANNYA
|
A.Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Tujuan pemeriksaan
adalah untuk menyelidiki dan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada komponen
komponen.selain itu untuk menjaga dan mempertahankan fungsi dari komponen
komponen tersebut.Jadi,pemeriksaan merepukan pekerjaan yang bertujuan mencegah
timbulnya kerusakan secara tiba tiba pada komponen tersebut.pada sepeda motor
misalnya bertujuan
untuk Menghindari terjadinya kerusakan secara tiba tiba pada sepeda
motor ketika sedang digunakan.
Pemeriksaan pada
komponen kopling perlu memperhatikan beberapa hal,terutama bahaya yang
diakibatkan bagi pengendara bila pemeriksaan kurang teliti dan mengabaikan
prosedur keselamatan,kesehatan kerja serta tidak berpedoman pada buku manual
pabrik/standart service komponen.Kesalahan dan kurang ketelitian dapat
berakibat fatal bagi pengendara dan
terutama pada komponen komponen kopling yang dapat merusak komponen lain.akibat
dari kerusakan yang tidak segera di perbaiki/diganti.misal pemeriksaan pada
tali kopling,komponen ini harus benar benar diperhatikan dengan cara
membersihkan dengan cairan pembersih kemudian diberi pelumas oli.agar inner
kabel tidak berkarat dan tidak mudah putus.Untuk itu sebelum melakukan
pemeriksaan komponen kopling,langkah langkah berikut harus dilakukan.
1.
Pastikan kunci kontak off/mesin kondisi mati dan dingin.
2.
Sebelum memulai pekerjaan siapkan dulu peralatan dan
perlengkapan kerja yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.
3.
Singkirkan semua benda yang tidak berhubungan dengan
pekerjaan tersebut.
4.
Pastikan kondisi mesin dingin,bila melakukan pekerjaan
kondisi mesin panas dapat membahayakan diri sendiri dan mur baut pada mesin
mudah rusak.
5.
Kita tidak tau kondisi kendaraan yang datang pada tempat
kerja kita.oleh sebab itu, untuk mempercepat proses kerja.kita bisa langsung
menanyakan keluhan keluhan pada pemilik kendaraan secara langsung.
6.
Tanyakan kondisi pelumas,baru diganti atau belum pernah
sama sekali diganti.
7.
Periksalah gerak bebas handel kopling(bila kopling
mekanis ±15 cm)
8.
Periksa gerak bebas pedal kopling(bila kopling otomatia ±
10 cm)
9.
Periksa pegas kopling dengan menarik dan melepas handel
kopling(bila terasa keras kondisi pir bagus,bila lembek harus dilakukan
penggantian dengan cara mengoverhoul komponen kopling)
10.
Stel ulang gerak bebas handel dan pedal penekan kopling.
11.
Cobalah kendaraa,ketika mencoba operasikan kopling apa
terasa keras,terlau kenyal dan respon kendaraan ketika kopling dilepas gimana
rasa tarikan kendaraan.cepat berakselerasi atau lambat(tidak sesuai dengan
standar kendaraan).
Setelah
melakukan pekerjaan diatas barulah kita dapat menyimpulkan langkah apa yang
akan kita kerjakan.cukup melakukan penyetealan ulang atau melakukan overhoul
komponen kopling.Ingatt!!kalau perlu melakukan pembongkaran,harus memberi tahu
kepada pemilik kendaraan.agar tidak terjadi salah paham.disamping itu harus
memberikan penjelasan
secara jujur dan terus terang tentang kondisi kendaraan.dalam
memberikan penjelasan seorang pekerja harus menjelaskan bagaimana kondisi
kendaran bila tidak segera diperbaiki dengan tidak menakut nakuti pemilik
kendaraan.berilah penjelasan yang masuk akal.misal:kondisi karet kopling
house,bila tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan kerusakan pada gigi utama
poros engkol dan gigi kopling house.selain itu biaya penggantian pun semakin
besar.
B. Mengoverhoul Kopling Mekanis dan
Otomatis
Seperti pembahasan sebelumnya bahwa penempatan kopling
pada sepeda motor tidak sama dengan mobil,yang mana pada sepeda motor kopling
terpasang di dalam engine.kontruksi pemasangan kopling pada sepeda motor
tergantung pada jenis sepeda motor(merk).oleh karena itu cara melepas kopling
pun berbeda.untuk
jenis sepeda motor cub jenis honda pelepasan kopling mekanis harus bersamaan dengan melepas
kopling otomatisnya(kopling mekanis dan otomatis harus dilepas bersama sama.Berbeda dengan jenis sepeda motor Yamaha,bila mau mengganti kanfas kopling tidak perlu membuka
kopling otomatisnya.tergantung bagean mana yang mau diperbaiki.selain itu untuk
mempercepat kerja.
1.Bahan Dan Peralatan.
Sebelum melakukan praktik kerja.dari awal harus
mempersiapkan bahan dan peralatan kerja.serta mempersiapkan seluruh
perlengkapan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.peralatan yang
digunakan untuk mengoverhoul kopling mekanis adalah sebagai berikut;
a.
Sepeda motor jenis sport dan
cub.
b.
Kunci shoket 1pc
c.
Kunci ring 1pc
d.
Kunci pas 1pc
e.
Kunci mahkota 28 – 30 mm
f.
Kunci T 8 – 14.
g.
Impac drive(obeng getok 1pc)
h.
Palu konde
i.
Palu karet
j.
Jangka sorong
k.
Obeng – dan + 20”
l.
Kain lap
m.
Oli mesin
n.
Cairan pembersih.
2.Urutan
Pembongkaran
Setelah peralatan dan
perlengkapan siap,perhatikan dulu kondisi obyek kerja.yaitu meliputi:
a.
Letak dari kopling dan kondisi
tutup kopling.apakah ada kebocoran oli dll.bila ada kebocoaran pak harus
diganti/di scrap bila penamapang pak tidak rata.
b.
Posisikan sepeda motor dengan
baik(posisikan standar tengah) dan tidak miring.
Setelah langkah langkah diatas
diteruskan dengan pekerjaan pekerjaan seperti dibawah ini:
a.
Keluarkan oli mesin.
Waktu mengeluarkan oli
mesin(nge_tap) usahakan menggunakan kunci shoket.untuk menghindari kepala baut
rusak.ingatt!!! arah untuk membuka baut tap oli
ke arah kiri(kearah knalpot).seperti pada gambar
1.1 dibawah adalah sepeda motor NF – 100,GN – 5.yang model bautnya
berdekatan dengan tensioner rante kamrat.jangan sampe keliru buka.untuk baut
tap oli,menggunakan kunci shok 17”.sedangkan kepala baut tensioner menggunakan
kunci shok 14”.intinya,kepala
baut tap oli pada kendaraan jenis honda grand dan supra-x adalah yang 17”,bukan yang 14”.berarti untuk
ngetap oli menggunakan kunci 17”.
Perhatikan gambar 1.2 pada halam 32 jangan
memperhatikan sandal jepitnya.Model pembuangan oli dan tutup oli pada sepeda
motor tipe sport.didalam tutup oli dipasang pegas dan filter oli.jangan sampai
kebalik waktu pemasangannya.
Gambar
1.1 Baut tap honda cub
Gambar 1.2 Baut tap pada
honda sport
b.
Melepas knalpot.
Cara melepas knalpot harus
dari baut/mur pengikat pada kepala silinder dulu(baut/mur pada saluran buang).setelah
itu bagaian baut belakang dari knalport.Untuk jenis sepeda motor RX – K dkk tidak
perlu melepas knalport.
Ingat!!!! Kusus pada pemasangan knalpot nantinya harus dari bagian
depan dulu yang dibaut dan dikuati,yang baut belakang Cuma dipasang pasang saja
setelah bagian depan sudah kuat baru baut bagian belakang dikuati.berbeda
dengan pemasangan komponen lain yang menggunakan teori Sepatu dan Kaos kaki.seperti
gambar dibawah ini.
Gambar 1.3 Baut knalpot depan Gambar 1.4 Baut pengikat belakang.
c.
Lepaskan Pijakan Kaki(footstep
depan)
Untuk pelepasan baut pengikat
pijakan kaki depan,gunakanlah kunci shoket 12”.waktu pelepasan secara menyilang.Ingattt!!!! Jangan sampai salah memutar ke arah
penguatan,bisa menyebabkan karter mesin pecah.
Gambar 1.5 footstep
d.
Lepaskan pedal kick stater.
Pedal kick stater atau banyak
orang bilang trap,slenger,slah berfungsi sebagai pemutar poros engkol untuk
menghidupkan mesin melalui gear kick stater,gear kopling house ,gear pada poros
engkol yang selanjutnya memutar engkol untuk menjalankan piston.kick stater
dipasang pada sepeda motor sebagai cadangan bila motor stater tidak bisa hidup
atau kondisi bateray lemah.maka digunakanlah kick stater.
Gambar 1.6 Kick stater
e.
Lepaskan kabel kopling dari
handel pengungkit(untuk sepeda motor jenis sport)
Kabel kopling hanya ada pada
sepeda motor yang full cluth(tidak menggunakan kopling otomatis.cara melepas
kabel kopling tidak usah dengan memotong atau membuka baut niple kopling.dengan
mengendorkan baut/mur(menggunakan kunci pas 12 – 14)
pada dudukan stelan ketegangan inner kopling.Setelah dirasa betul betul bebas
inner kopling baru memutar tuas pengungkit searah jarum jam dengan menggunakan
tang kombinasi sampe putaran terasa tertahan,setelah itu lepas kabel kopling
pada dudukannya.cara pemasangannya kebalikan dari cara pelepasan.jangan lupa
stel kembali ketegangan inner kabel dengan memutar mur/baut ke arah luar.
Dapat diperjelas seperti
gambar 1.7 halaman 34.
Gamabar 1.7
Posisi kabel kopling
Setelah
melakukan langkah langkah seperti diatas,amati dulu bila masi ada komponen lain
yang msi menempel sehingga mempersulit saat melepas bak kopling.ingatt!! untuk jenis
sepeda motor RK tidak perlu membuka knalpot dan footstep.bila semua
sudah dianggap beres lanjutkan melepas bak mesin,dan untuk itu cara
pelepasannya dikelompokkan menjadi dua,yaitu:
1.
Sepeda motor jenis sport
2.
Sepeda motor jenis cub.
1.Urutan Membongkar
Kopling Honda jenis sport.
Gambar 1.8 Baut pengikat tutup kopling [Sumber:Tex_q.Mechanic automotif]
Ø Lepaskan baut pengikat bak mesin(lihat gambar 1.8)
Ø Lepaskan rotor saringan(topi
mexico) dan pompa minyak pelumas(lihat gambar 1.9)
Gambar 1.9 saringan oli [Sumbar:Tex_q:Automotive Mechanics]
Ø Catatan.
Untuksepeda motor jenis
tertentu ketika membuka bak kopling harus disertai dengan membuka filter
oli.karena didalam rumah filter oli terdapat baut pengikat bak kopling.seprti
gambar 1.66 dibawah ini.
Gambar 1.10 Filter oli terletak di bak kopling[Document:warung speed]
Pada gambar 1.9 halaman 34
adalah letak baut peutup rotor(nomer 1,2,3) dan mur pengunci rotor(dilingkari
merah).untuk membuka tutup rotor oli gunakan impac drive dengan ujung mata paling
lancip.Sedangkan mur rotor oli menggunakan kunci mahkota dengan impac air drive.
Ø Setelah itu lepaskan baut pengikat plat pengungkit pada
kopling house menggunakan kunci T10.
Ø
Lepas plat pengungkit.
Ø
Lepas pegas pengungkit
Ø
Lepaskan mur pengunci bagian
tengan kopling dan cincin pengunci(lihat gambar dibawah)
Gambar 1.11
Baut pengungkit dan pegas kopling
Gambar 1.12 Melepas mur kopling.
Ø Lepaskan clutch centre(kopling tengah)Jangan lupa kanfas
kopling dan plat kopling lepas dulu.
Ø
Lepaskan kopling tengah
Ø
Lepaskan plat penekan kopling.
Ø
Lepaskan cincin seplain pada
bagian luar kopling.
Ø Lepaskan bagian luar kopling dan roda gigi penggerak
primer.ketika mau melepas kopling bagian luar yang harus diperhatikan adalah
adanya cincin seplain sebagai pembatas/penyekat antara kopling luar dengan
kopling center.letak dari cincin seperti gambar 1.13 dibawah ini.
Gambar 1.13 Letak cincin dan kancingan
kopling luar.
Ø Melepas batang pengungkit dengan cara mendorong pin
kedalam dengan alat pendorong,seperti gambar 1.14 di bawah ini.
Gambar A Gambar B
Gambar 1.14
Gambar C Gambar D
Gambar 1.15
Ø Lepaskan pegas pengungkit pada bak kopling,Gambar A
Ø
Cabut pin pada batang
pengungkit,Gambar
B
Ø
Lepas batang pengungkit,Gambar C
Ø
Periksa kondidisi seal batang
pengungkit,bila rusak harus diganti(untuk mengetahui seal rusak cukup melihat
kondisi disekitar seal sebelum dibongkar,ada kebocoran oli atau tidak,bila
disekitar seal kotor dan basah berarti terjadi kebocoran oli gambar D).
Ø
Periksa batang pengungkit
bengkok atau aus.
Ø
Periksa kondisi pegas
pengungkit,masi kenyal atau lemas.
2.Urutan
Membongkar Kopling Honda Cub.
Untuk
pembongkaran sepeda motor jenis cub(yang menggunakan kopling otomatis) secara
umum sama.yang memebedakannya adalah perbaikan komponen didalamnya.untuk jenis cub
yang perlu diperbaiki dan diperiksa meliputi,kopling otomatis dan komponen
komponennya serta kopling mekanis dan komponen komponenya.sedangkan pada kopling
mekanis(tanpa
kopling otomatis) yang diperiksa hanya bagian kopling mekanisnya saja.
Urutan
awal pembongkarannya sama dengan cara membongkar kopling otomatis(telah dibahas
pada materi sebelumnya).yang harus tetap menjadi perhatian adalah ketika membongkar
mesin harus kondisi dingin.untuk menghindari drat pada crackcase slek/dol).
Urutan
Pembongkarannya Sebagai Berikut:
Ø Buka baut pengikat bak kopling dengan kunci T8(seperti
gambar dibawah ini)
Gambar
1.16 Baut pengikat pak kopling.
Ø Lanjutkan membuka tutup rotor seperti ditunjuk pada gambar 1.17
Gambar 1.17 Tutup filter oli
Ø Setelah tutup filter terbuka,buka dulu kancingan mur pengikat kopling
dengan mengungkit menggunakan obeng min.Lanjutkan membuka mur kopling otomatis
seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 1.18 Membuka kopling otomatis
Ø Lanjutkan melepas kanvas sentrifugal dan bearing pada plat pengungkit.
Gambar 1.19 Membuka bearing pengungkit.
Ø Lanjutkan melepas mangkuk kopling dengan kunci T10.perhatikan gambar
1.20
Gambar 1.20 Letak baut tutup kopling.
Ø Setelah melepas bearing(gbr.1.19) dan baut tutup kopling(gbr.1.17)
lanjutkan membuka mur kopling pada mainshat,seperti gambar 1.21 di bawah ini.
Gambar 1.21 Membuka mur kopling
Ø Setelah melepas mur pada kopling otomatis dan mekanik lanjutkan membuka
dengan menarik tromol kopling,tutup bawah kopling dan teromol kopling secara
bersamaan.seperti gambar 1.22 di bawah
ini.
Gambar 1.22 Melepas komponen kopling jenis cub.
Ø Comot bos pembimbing kopling manual(gambar A) dan ring stopper, ring spali, collar
dan pada koling sentrifugal comot ring washer (ingat jangan sampai
lupa/tertukar/khilaf dll, kasi tempat bertanda (gambar B).
Gambar 1.23 A Gambar 1.24 B
Ingatt!! Pada kruk as juga terdapat satu
buah ring plat yang menempel pada bearing krukas(gbr 1.22 B).jangan sampai
hilang atau tidak terpasang karena ring ini berfungsi menjaga sepelai(gerak
bebas)antara tromol sentrifugal dan kanvas sentrifugal.
C.MELAKUKAN PEMERIKSAAN,PERBAIKAN DAN PEMASANGAN KOMPONEN KOMPONEN
KOPLING MEKANIS DAN OTOMATIS.
A.Pemeriksan,perbaikan dan pemasangan kopling mekanis.
1.Pemeriksaan,perbaikan dan
pemasangan kopling mekanis.
a.Pemeriksaan
bantalan pengangkat,per kopling,ketebalan kanvas dan kebengkokan plat.
pada HONDA TIGER.
b.Pemeriksaan dan
peasanghan bagian luar kopling.
Lebih
mudahnya untuk proses pemasangannya kebalikan dari pembongkaran.yang selalu
harus diingat ketika melepas atau memasang baut,harus dilakukan secara
menyilang dengan kekuatan pengencangan yang sesuai.
Ø Contoh trouble shoot pada kopling mekanis.
NO
|
GEJALA
KERUSAKAN
|
KEMUNGKINAN
PENYEBAB
|
LANGKAH
PERBAIKAN
|
1
2
3
4
|
Kopling selip saat
berakselerasi
Handel kopling terasa
berat/keras bila sedang mengoprasikan kopling
Motor tetap bergerak walau
kopling ditekan.
Cara kerja kopling
kasar/terasa keras.
|
1.
Peralatan pengungkit kopling rusak
2.
Kampas kopling aus
3.
Per kopling lemah
4.
Penyetelan kopling belum tepat.
5.
Oli mesin belum pernah diganti sama sekali
1.
Penyetelan mur pada handel dan mur pada tuas pengungkit
belum tepat.
2.
Plat kopling bengkok
3.
Kabel kopling tertekuk
4.
Pengungkit kopling bengkok
5.
Bearing penekan rusak
1.
Penyetelan kopling tidak benar
2.
Oli mesin terlalu kental(tdk pernah diganti)
3.
Kanfas kopling aus.
1.
Alur pada rumah kopling(kopling center kasar)
2.
Kanvas dan plat kopling aus
3.
Plat kopling bengkok
4.
Penggunaan per kopling yang kurang tepat.
5.
As penekan/pemindah gigi/as perseneling transmisi
bengkok.
|
Ø Oto tips
Pernah suatu ketika,penulis
mendapatkan keluhan konsumen pengguna Yamaha V-Ixion. keluhan
seputar susahnya saat oper gigi. Terutama pada posisi persneling netral/mau
mengembalikan ke posisi netral.Dengan bekal keluhan itu, penulis
melakukan beberapa pengecekan dan tentu sekaligus memberikan solusi(bukan
berarti penulis minteri yang bikin motor apa lagi katagori motor masi baru).Lho kok
mesti melakukan beberapa observasi Pak? “Hal itu karena, ada beberapa penyebab
yang membuat V-Ixion susah oper gigi.berikut penjelasannya.
1.
Pengecekan pertama.
memastikan
posisi nok yang ada pada tuas penekan kopling dan nok yang ada di karter mesin
sejajar (gbr.1).
Bila kedapatan dua nok itu
tak sejajar, maka saat tuas kopling ditekan,mekanisme kopling tak bekerja
semestinya. Akibatnya, saat melakukan oper gigi akan terasa keras.ada dua solusi
yang bisa dipakai,untuk membuat dua nok tersebut sejajar lagi.
a.
Pertama lakukan penyetelan yang ada pada pangkal slang
kabel kopling (gbr.2). Untuk keperluan tersebut,alatnya cukup pakai kunci pas
ukuran 10.bila 2 nok itu belum
sejajar,lanjutkan penyetelan berikutnya.tetapi sebelum melakukan
solusi yang kedua pastikan setelan yang ada
di pangkal slang kabel kopling dalam posisi seperti semula.
b.
Lakukan penyetelan pada batang
penekan pendek tuas kopling.nah solusi ini pengerjaan
dan alat yang dibutuhkan agak banyak. Pasalnya posisi batang penekan pendek
tuas kopling, ada di pelat penekan kampas kopling (gbr.3).alat yang
mesti disiapkan kunci T-8 dan kunci pas
ukuran 17.alat-alat tersebut dipakai
untuk melepas bak kopling dan tuas starter. Selanjutnya untuk penyetelan,diperlukan
kunci pas 10 dan obeng kembang.Cara penyetelannya dengan
terlebih dulu mengendurkan mur ukuran 10(gbr.3) yang dipakai untuk
mengunci batang penekan pendek tuas kopling. Selanjutnya baru memutar batang
keluar atau ke dalam, sampai 2 nok tersebut bisa sejajar.
Bila masih susah oper gigi,maka
mesti dicek pada part yang namanya tuas penekan kopling.ada kemungkinan
terdapat masalah pada batang tuas penekan kopling (gbr.4), sehingga mengganggu
kinerja part tersebut saat hendak oper gigi.
2.Pemeriksaan,perbaikan
dan pemasangan kopling otomatis.
Untuk pemasangan kopling
otomatis(kopling sentrifugal) harus besama sama dengan pemasangan kopling
mekanis.karena,gigi pada kruk as dan pada rumah kopling luar saling bertautan.Sebagai
pengingat perhatikan seluruh komponen komponen kopling otomatis pada sepeda
motor honda jenis cub dibawah ini.mulai dari washer dan bentuk mur jangan
sampai lupa waktu pemasangan nanti.
Gambar 1.25
komponen kopling sentrifugal
Adapun
komponen komponen yang perlu mendapatkan pemeriksaan dan penggantian pada
kopling otomatis jenis sepeda motor cub adalah:
a.
Pemeriksaan
kopling satu arah.
Gambar 1.26 Pemeriksaan roller weigh
Cara
pemeriksaan sangatlah mudah seperti gambar 1.26.komponen kanvas ganda bila
diputar searah jarum jam,harus terasa berat(karena poros engkol ikut berputar).bisa
juga,memutar tromol kanvas searah jarum jam.
kondisi roller weigh baik bila.
1.
Secara bersama sama seluruh
part kopling ganda ikut berputar.
2.
Secara bersama sama poros
engkol ikut berputar(searah jarum jam).
3.
Hanya tromol(mangkuk ganda)
yang berputar,bila diputar berlawanan searah jarum jam.sedangkan kanvas ganda
dan poros engkol tidak ikut berputar.
Sedangkan
kondisi roller weigh dinyatakan kurang baik/rusak bila:
1.
Ketika mangkuk ganda diputar
searah jarum,mangkuk(tromol)terus berputar,sedangkan kanvas ganda dan poros
engkol tetap diam.
2.
Ketika tromol diputar
berlawanan searah jarum jam,kanvas dan poros engkol ikut berputar(terasa berat)
Bila kondisi roller yang kurang
baik/rusak dibiarkan dapat membahayakan pengendara.selain itu akan terjadi
hentakan pada saat gear transmisi dioperasikan.kerusakan biasanya pada pegas
roller karena patah atau sudah lembek.selain pemeriksaan seperti
diatas,perhatikan juga jarak bebas antara kanvas ganda dan tromol.tidak boleh
terlalu mepet(sampe lengket) dan tidak boleh terlalu renggang.
b. Pemeriksaan kopling sentrifugal(ganda)
Gambar 1.27 Kopling sentrifugal
Kanvas
sentrifugal/biyasa orang menyebut kopling ganda mempunyai bagian bagian
didalamnya yang memerlukan pengecekan dan penggantian secara berkala.komponen
tersebut adalah:
1.
Ketebalan bandul
kopling(gbr.1.27)mempunyai batas servis 1,0 mm.standar 2,1 mm
2.
Pegas kopling
sentrifugal.mempunyai batas servis 1,0 mm.standart 10,2 mm
3.
Pemeriksaan bos kanvas
ganda.pemeriksaan ini untuk mengetahui aus,bengkok,kocak tidaknya bos dengan
bantalannya.bila longgar cukup di pres ulang.
Gambar 1.28 Pemeriksaan bos kanvas sentrifugal
Pada plat penggerak
dipasangkan tiga buah dum(karet kopling ganda)periksa kondisinya.retak,pecah
atau keras.bila keras harus diganti dengan yang baru.karet kopling ganda ini
berbeda dengan karet kopling house.kalau karet kopling ganda berfungsi sebagai
peredam bandul kanvas pada saat kembali keposisi semula(posisi
menutup).sedangkan karet kopling house berfungsi sebagai pengikat gigi skunder
dengan rumah kopling,selain itu berfungsi meriduksi getaran yang ditimbulkan
oleh gerak putar poros engkol.bentuknya seperti gambar yang dilingkari merah di
bawah ini.
Gambar 1.29 Karet kopling sentrifugal(lingkaran merah)
4.Pemeriksaan tromol kopling.
Gambar A
Gambar B
Tromol kopling sentrifugal(mangkuk kopling) dapat dilihat
pada gambar A
untuk mangkuk kondisi normal dengan batas servis 104,30 mm.sedangkan mangkuk
kopling gambar B
memperlihatkan kondisi tromol yang sudah rusak.penggantian tromol kopling tidak
harus satu pc.bisa dibelikan tromolnya saja.adapun cara penggantian tromol
kopling ganda dengan melepas paku keling(tiga buah) menggunakan gerinda dan
bor.hanya seoeda motor jenis honda yang bisa dibongkar pasang tromol
koplingnya.untuk proses pemasangan harus dengan sangat teliti dan hati
hati.salah pemasangan bisa menyebabkan suara yang kasar dan pada mesin dapat
menyebabkan getaran.lebih aman dan cepat dapat diganti satu pc,walaupun harus
mengeluarkan biaya 600 ribuan.
5.Roda gigi primer.
Gambar 1.30 Gear primer yang terhubung
langsung dengan tromol kopling.
Ø PENTING!!!
Roda gigi primer
pada jenis sepeda motor honda sangat berbeda dengan sepeda motor lain.terutama
pada sepeda motor jenis astrea grand dan supra,supra X,supra 125 dan supra
fit,supra fit s dan fit X.pada jenis motor supra x,grand,supra 125 berbeda cara
pemasangannya dengan jenis motor supra fit,X,dan fit S.untuk jenis grand dan
supra tidak perlu menyetel roda gigi SUB.tinggal putar sedikit ke arah
berlawanan jarum jam dan tepatkan dengan roda gigi skunder(roda gigi kopling
house) baru didorong masuk secara bersamaan.sedangkan pada supra fit,fit x dan
fit s.cara pemasangannya,roda gigi SUB harus diputar berlawanan dengan jarum
jam,sampai berbunyi “KLIK” baru ditepatkan dengan gigi skunder kopling house.
Untuk
pemeriksaan,perhatikan roda gigi primer dan roda gigi SUB.apakah ada keausan
atau cacat.selain itu putar gigi SUB dah lepas secara tiba tiba.kondisi gigi
primer dan gigi sub dinyatakan baik bila gigi terebut dapat kembali dengan
cepat ke posisi semula.untuk roda gigi primer bila keausan dibiarkan dapat
menyebabkan suara bunyi pada mesin(seperti suara mendengung) dan dapat merusak
komponen yang lain.
6. Pemeriksaan kopling
manual.
Pemeriksaan kopling manual
sama dengan pemeriksaan koling mekanis(pada pembahasan sebelumnya)yaitu
meliputi:
a.
Pemeriksaan ketebalan kanfas
kopling batas service 2,6 mm.
Gambar 1.31 Pemeriksaan ketebalan kanvas
kopling
b. Pemeriksaan ketebalan plat kopling.batas service 0,10mm.
Gambar 1.32 Pemeriksaan kebengkokan plat
kopling
Selain memeriksa kebengkokan
yang juga wajib diperiksa adalah ketebalan,pada sepeda motor tertentu pada plat
diberi tanda bintik bintik dengan maksud,bila bintik bintik tersebut terkikis
habis plat harus diganti karena melebihi batas servis.bisa juga plat ditaruh
pada permukaan kaca,dengan cara menekan bagian luar secara bergantian dapat
dirasakn bengkok tidaknya plat tersebut.
c.
Pemeriksaan bos rumah kopling
Pemeriksaan bos rumah kopling hanya diperlukan pada
sepeda motor selain jenis GL SERIES.Dikarenakan jenis gl- series tidak
mengunakan bos kopling.melainkan rumah kopling langsung berhubungan dengan
mainshaft transmisi(seperti ger depan) yang diyakini salah satu jenis motor
sport yang PD dan tidak akan terjadi suara “gemmblodak”pada mesin sebelah
kanan.sangat beda dengan tipe lain terutama jenis honda tiger yang bersuara
lebih kasar.dibawah ini gambar rumah kopling tiger dan gl series.
Gambar 1.33 Kopling house tiger. Gambar 1.34 Kopling House GL.
d.
Pemeriksaan plat pengungkit
Pemeriksaan plat pengungkit(telah dibahas pada bab
sebelumnya).
e.
Pemeriksaan bearing plat kopling.
Pemeriksaan bearing/klaher telah dibahas pada bab
sebelumnya.
f.
Pemeriksaan kondisi karet
kopling house.
Pemeriksaan kondisi karet kopling house dapat dilakukan
dengan cara memutar gear skunder dengan menahan rumah kopling.pada saat
diputar,kondisi gear dan rumah kopling tidak boleh goyang/kocak.bila goyang
harus diganti karet kopling house.dengan membuka paku keling yang mengikat gear
skunder dan rumah kopling.
Gambar A
Gambar B
Pada gambar A
kondisi karet kopling belum dibuka.pada gambar
B terlihat jelas karet kopling yang sudah mengeras.bila sampai pecah dapat
berakibat pecahan dari karet kopling dapat menyumbat saluran saluran oli yang
menuju silinder head dan connetingrod(stang sker).
C.Pemasangan Kopling Sentrifugal Dan Kopling Mekanik.
1.
Pemasangan ring dan bos pada mainshaft
Gambar 1.35 Pemasangan bos dan washer/ring pada honda supra.
Sebelum
memasang komponen kopling jangan lupa pasang semua ring dan bos yang ada pada
mainshaf transmisi dan kruk as bagian dalam.ring pada krukas ada satu buah(menempel dengan klaher
krukas),sedangkan pada mainshaft ada dua,satu ring penyekat dan yang satu ring
pengunci.agar ring penyekat tetap pada posisinya.setelah ring
terpasang semua lanjutkan memasang bos rumah kopling pada mainshaft.
2. Pemasangan
kopling otomatis dan mekanik.
Gambar 1.36 Pemasangan kopling otomatis dan mekanis
Waktu pemasangan
komponen(seperti gambar 1.11) harus dilakukan bersama sama.yaitu
meliputi:tromol kopling ganda,kopling mekanik dan penutup bawah kopling.dan jangan
langsung ditekan,dengan perlahan putar secara bergantian baik kopling manual
maupun kopling otomatisnya.setelah ujung gigi primer mau mentok ke klaher
krukas,baru meneruskan dengan memutar gigi SUB berlawanan dengan arah jarum
jam(seperti yang dibahas pada bab sebelumnya).setelah pas baru tekan dengan
perlahan sampai rumah kopling mekanik dan otomatis tepat pada poisinya.
3.Pemasangan Mur Kopling,plat pengungkit
dan pernutup kopling bawah.(torsi 1,2 kg-m)
Gambar 1.37 Pemasangan penutup kopling bawah dan ring,mur kopling
mekanik.
4.Pemasangan mur pengikat kopling manual dengan kunci
moment(torsi 4,3 kg-m)
Gambar 1.38 Pemasangan mur kopling
manual.
5.Pemasangan
washer (ring) pengunci pada kopling sentrifugal.
Gambar 1.39 Pemasangan ring pengunci dan
ring “out side”
Ø Ingattt!!..
Untuk sepeda motor jenis supra fit,fit x
dan fit s.sebelum memasang kanvas kopling ganda didalam tromol kopling terdapat
satu buah ring dengan ketebalan 2mm.ring ini harus terpasang dengan tepat.bila
tidak tepat atau tidak terpasang dapat menyebabkan bunyi yamg kasar dan getar
pada kendaraan.
6.Pemasangan mur pengikat kopling
sentrifugal(torsi 4,3 kg-m)
Gambar
1.40 Pemasangan Mur kopling sentrifugal(kopling ganda)
7.Pemasangan saringan oli dan penutup
saringan oli.(torsi 0,6 kg-m)
Gambar 1.41 Pemasangan saringan oli.
8.Pemasangan tuas pengungkit
Gambar 1.42 Pemasangan tuas pengungkit
9.Pemasangan bak kopling dan penyetelan
kopling.
Gambar 1.43 Pemasangan bak kopling.
10.Final check/penyetelan kopling.
Gambar 1.44 Cara menyetel kopling.
Sediakan kunci pas ring no ’14
& obeng minus (-) , kendorkan mur kemudian setel bolt adjusting dengan
obeng (-).
Caranya sebagai berikut:
Ø saat adjuster di putar ke kiri , maka jarak main
kopling akan menjadi lebih dalam ( istilahnya tuas versneiling di injak
agak dalam baru bisa pindah posisi gear transmisi ).
Ø jika adjuster diputar ke kanan.maka jarak main kopling
akan menjadi lebih pendek,lebih cetek,injak tuas sedikit saja
transmisi gear bisa dengan mudah berpindah.tentusaja penyetelan harus
melihat kondisi kesehatan unit kopling,ga bisa asal putar.sesuaikan
feel & selera kenyamanan pengopresasian tuas versneiling.tips
ini bisa dilakukan di semua jenis bebek bertransmisi semi auto matic.Untuk
penyetelan standart,putar baut berlawanan arah jarum jam sampe terasa
berat.kemudian putar balik ⅛.tahan baut,kemudian kencangkan mur/nut.
Ø OTO TIPS!!!
Rotor Filter Oli Wajib
Diservis Juga!
Rotor oli filter diservis pas lagi copot bak
mesin(kiri). Kerak geram cukup di cuci pakai bensin(kanan).
Khusus Honda GL series
hingga Tiger,Revo.filter oli yang wajib dibersihkan bukan cuma yang ada di
bawah crankcase kiri. Di mana di dalamnya terpadat kawat kasa yang ditahan
seperti tutup klep dan ditekan pegas.Kawat kasa bertugas menyaring kotoran
kasar oli di bawah bak mesin setelah pelumas bersirkulasi. Lalu oli tersaring
tadi diisap pompa oli untuk dialirkan ke beberapa bagian. Di antaranya ke head,
kruk-as,pisston,girboks juga kopling.cuma khusus aliran pelumas dari pompa ke
arah kruk as dan piston, kembali disaring saat melewati rotor saringan oli.
Sehingga oli yang akan melumasi bagian berputar dan bergesek seperti kruk-as
dan piston bersih dari serbuk gram(serpihan besi halus)
Karena kerjanya terus
menerus atau berulang,gram yang tidak
tersaring kawat kasa,lama kelamaan akan numpuk di dalam rumah rotor filter oli. Jika didiamkan atau
dianggap sepele,dipastikan serpihan besi halus bikin mampet aliran oli. Mesin
pun gampang overheat,Yakin Penulis.Oleh sebab itu, saran penulis saat servis
filter oli(mengover houl kopling)jangan
cuma kawat kasanya.rotor filter oli yang terpasang di depan gir primer dan
berada didalam bak mesin juga perlu dibersihkan.
Bedanya bersihin kawat kasa
bisa kapan saja.tapi,servis rotor oli filter biasanya dilakukan saat bak
kopling dibongkar atau ketika servis besar.sebab rotor oli filter di dalam bak
mesin harus dibongkar saat dipasang pada poros kruk-as kiri.
Prosesnya sendiri dengan
melepas bak kopling berikut peranti lainnya yaitu kick starter,kabel dan tuas
kopling.tidak lupa saat copot bak mesin,oli di dalam crankcase dibuang lebih
dulu hingga tuntas.Setelah rotor filter oli tampak, langkah berikut buka tutup
rotor dengan mengendurkan tiga bautnya.Baru tutupnya dibuka perlahan agar serbuk besi yang sudah menumpuk tidak
tumpah.Biar maksimal,sekalian rotor dilepas dari as dengan membuka mur pakai
kunci sok 17.Begitu terpisah kotoran dan serbuk besi dicuci pakai bensin hingga
kerak yang keras dapat terangkat.
Untuk
sepeda motor jenis jenis cub(bebek)cara membersihkan rotor filter oli juga
sama,yaitu dengan membuka tutup rotor.(SEPERTI GAMBAR DI ATAS)
Ingatt!!Ketika
membuka rotor filter bila terhjadi kerusakan pada paking,pack tersebut wajib
diganti.
EVALUASI
|
Buatlah kelompok masing masing 3 orang ,carilah
permasalahan dan cara mengatasinya(troble shoot) yang terjadi pada komponen
kopling mekanis,hidrolis dan otomatis.informasi tentang permasalahan berasal
dari sumber tempat kalian Praktik Kerja Industri.
B.Berilah
Tanda Silang (X) pada huruf a,b,c,d atau e sesuai dengan jawaban yang paling
tepat!
1. Apa fungsi dari Flywheel…..
a. Meneruskam putaran dari engine ke roda
b. Meneruskan putaran dari clutch sentripugal ke Clutch housing
c. Meneruskam putaran dari cemshaf ke transmisi
d. Memutuskandan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi.
2. Apa yang di maksud dengan kopling doble dis…
a. Memiliki 2 dis
b. Memiliki lbih dari 2 dis
c. Hanya memiliki 1 dis
d. Tidak memiliki dis
3. Apa fungsi dari Gearbox input shaft …..
a. Meneruskan putaran dari Clutch ke transmisi
b. Merubah gerak putar
c. Penghasil tenaga
d. Perobah tenaga
4. Apa fungsi dari Spring…
a. Mengembalikan kanpas
b. Memgembalikan kopling
c. Mengembalikan kanpas dan plat di agar tetap bergesekan
d. Menekan Clucth centre
5. Apa yang di maksud dengan Automatic Clutch ………
a. Kopling yang bekerja dengan menggunakan bantuan pengemudi
b. Kopling yang bekerja pada saat proses perpindahan gigi
c. Kopling yang bekerja pada saat engine memiliki beban berat
d. Kopling yang bekerja secara sentripugal tergantung dariputaran
6. Apa fungsi rasio pada roda gigi….
a. Membedakan putaran antara roda gigi satu dengan yang lainnya
b. Membedakan jenis putaran
c. Membedakan beban
d. Membedakan produk
7. Pada sebuah kendaraan, pada gigi satu memiliki roda gigi Frimer 32 dan sekunder hitunglah rasio giginnya
a. 4 b.0,4 c.5 d.0,5
8. Kopling yang di gunakan pada sepedah motor umumnya menggunakan jenis kopling berdasarkan kondisin kerjanya adalah…
a. Kopling kering
b. Kopling basah
c. Kopling sentripugal
d. Kopling ganda
9. Apa fungsi dari Clucth centre……
a. Meneruskan putaran dari clutch sentripugal ke Clutch housing
b. Meneruskan putaran dari plat dis ke Gearbox input shaft
c. Merobah arah putar
d. Menahan tekanan dari transmisi
10. Pada saat sepeda motor sudah menempuh jarak 5000 km kopling harus ………..
a. Di periksa dan di setel
b. Di periksa dan penggantian kanpas
c. Di periksa dan penggantian plat dis
d. Di periksa dan penggantian Clutch housing
12.Perhatikan gambar.
Gambar di atas menunjukan jenis kopling ….
a. Kopling hubungan langsung
b. Kopling hubungan reduksi
c. Kopling sentripugal
d. kopling hubungan langsung dan reduksi
1. Apa fungsi dari Flywheel…..
a. Meneruskam putaran dari engine ke roda
b. Meneruskan putaran dari clutch sentripugal ke Clutch housing
c. Meneruskam putaran dari cemshaf ke transmisi
d. Memutuskandan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi.
2. Apa yang di maksud dengan kopling doble dis…
a. Memiliki 2 dis
b. Memiliki lbih dari 2 dis
c. Hanya memiliki 1 dis
d. Tidak memiliki dis
3. Apa fungsi dari Gearbox input shaft …..
a. Meneruskan putaran dari Clutch ke transmisi
b. Merubah gerak putar
c. Penghasil tenaga
d. Perobah tenaga
4. Apa fungsi dari Spring…
a. Mengembalikan kanpas
b. Memgembalikan kopling
c. Mengembalikan kanpas dan plat di agar tetap bergesekan
d. Menekan Clucth centre
5. Apa yang di maksud dengan Automatic Clutch ………
a. Kopling yang bekerja dengan menggunakan bantuan pengemudi
b. Kopling yang bekerja pada saat proses perpindahan gigi
c. Kopling yang bekerja pada saat engine memiliki beban berat
d. Kopling yang bekerja secara sentripugal tergantung dariputaran
6. Apa fungsi rasio pada roda gigi….
a. Membedakan putaran antara roda gigi satu dengan yang lainnya
b. Membedakan jenis putaran
c. Membedakan beban
d. Membedakan produk
7. Pada sebuah kendaraan, pada gigi satu memiliki roda gigi Frimer 32 dan sekunder hitunglah rasio giginnya
a. 4 b.0,4 c.5 d.0,5
8. Kopling yang di gunakan pada sepedah motor umumnya menggunakan jenis kopling berdasarkan kondisin kerjanya adalah…
a. Kopling kering
b. Kopling basah
c. Kopling sentripugal
d. Kopling ganda
9. Apa fungsi dari Clucth centre……
a. Meneruskan putaran dari clutch sentripugal ke Clutch housing
b. Meneruskan putaran dari plat dis ke Gearbox input shaft
c. Merobah arah putar
d. Menahan tekanan dari transmisi
10. Pada saat sepeda motor sudah menempuh jarak 5000 km kopling harus ………..
a. Di periksa dan di setel
b. Di periksa dan penggantian kanpas
c. Di periksa dan penggantian plat dis
d. Di periksa dan penggantian Clutch housing
12.Perhatikan gambar.
Gambar di atas menunjukan jenis kopling ….
a. Kopling hubungan langsung
b. Kopling hubungan reduksi
c. Kopling sentripugal
d. kopling hubungan langsung dan reduksi
13. Apa fungsi dari v bel ….
a. Meneruskan putaran ke sentripugal cluth
b. Merobah putaran
c. Menghasilkan putaran
d. Meneruskan putaran ke roda
14.
Komponen kopling yang berfungsi untuk menekan diagprahma spring dan dapat
berputar adalah . . . .
a. flywhell c. cluth disk e. realease bearing
b. cluth cover d. realease fork.
15. Hal-hal berikut menunjukkan fungsi kopling kecuali,…
a. meneruskan tenaga dari transmisi ke propeller
b. meneruskan tenaga dari flywhell ke input shaft
c. memudahkan pemindahan perkaitan gigi percepatan
d. supaya kendaraan pada saat awal berjalan dapat berjalan dengan lembut
e. meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi.
a. flywhell c. cluth disk e. realease bearing
b. cluth cover d. realease fork.
15. Hal-hal berikut menunjukkan fungsi kopling kecuali,…
a. meneruskan tenaga dari transmisi ke propeller
b. meneruskan tenaga dari flywhell ke input shaft
c. memudahkan pemindahan perkaitan gigi percepatan
d. supaya kendaraan pada saat awal berjalan dapat berjalan dengan lembut
e. meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi.
16. persaratan yang harus
di miliki oleh sebuah unit kopling adalah
a. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi
b. dapat melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi
c. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi secara
berangsur-angsur dan merata tanpa hentakan
c.
jawaban a,b,c betul semua
17. Secara garis besar ada berapakah bagian kopling
manual…….
a. 2 b.3 c.4 d.5
18. Di bawah ini merupakan komponen-komponen bagian
kopling yang
terdapat pada clutch outer drum kecuali
a. pressure plate
b. friction plate
c. steel plate
d.lifter rod
19. Pada saat handle kopling di tekan clutch lifter
menahan pressure plate
melalui lifter plate, hal ini akan menghasilkan terjadinya kerenggangan
antara plat kopling dan kampas
kopling, sehingga putaran mesin menuju transmisi dan roda belakang terputus
pernyataan di atas menunjukan prinsif kerja kopling………….
a. kopling otomatis
b. kopling ganda
c. kopling manual
d.kopling kering
20. Bagian
kopling manual yang berputar mengikuti putaran poros engkol
adalah………………
a. clutch outer
b. clutch disk
c. clutch center
d.clutch plate
21. Arti dari Clutch Assy adalah ….
a. Kopling dalam satu set
b. Komponen – komponen kopling
c. Komponen kopling yang harus diganti saat
pembongkaran
d. Kopling dengan sumber tenaga dari mesin
22. Ada
berapakah jumlah friction plate (kampas kopling) pada sepeda
motor honda supra ...
a. 3 buah
c. 6 buah
b. 4 buah d. 5 buah
23. Berapakah
setandar ketebalan dari friction plate untuk sepeda motor
honda supra x
a. 2,3 mm
b. 2,4 mm
c. 2,6 mm
d. 2,5 mm
24.Berapakah
Ukur panjang bebas pegas kopling sepeda motor supra….
a. 35,8 mm
b. 36 mm
c. 34,5 mm
d. 34,8 mm
25. Hal
yang harus di perhatikan pada saat perakitan mekanisme unit
kopling salah satunya adalah penempatan ring
pengunci yang ada
tulisan outside hurup/tulisan itu
harus menghadap ke arah………..
a. samping
b. luar
c. bawah
d.atas
26. Kopling yang bekerja berdasarkan adanya gaya
sentrifugal adalah
kopling jenis………..
a. ganda
b. otomatis
c. manual
d.basah
27. Berapakah
standar ukuran diameter rumah kopling otomatis sepeda
motor supra
a. 104,0 - 104,2
b. 104,2 - 104,5
c. 105,0 - 105,2
d. 105,2 - 105,5
28.Di
bawah ini merupakan kunci spesial tool yang biasa di gunakan
dalam bongkar/pasang (pengerjaan) kopling kecuali
a. Lock nut wrench,
b. Universal holder
c. Flywheel holder
d. hydrometer
29.Yang bukan merupakan
komponen pengoperasian kopling otomatis
adalah …
a. clutch shos
b. one way clutch
c. clutch drum
d. cluth handle
30. Ada berapa jumlah pegas pada unit kopling
otomatis……………..
a. 3
buah
b. 4 buah
c. 5 buah
d. 6 buah
31.Pada
mekanisme kopling otomatis ada komponen yang berfungsi supaya kopling otomatis hanya bisa bergerak satu arah, apa nama komponen
itu…………..
a. bearing
b. washer
c. drive plate
d. one way clutch
32.Apa
akibat yang akan ditimbulkan apabila mesin yang menggunakan
kopling otomatis memakai additive oil………..
a. kopling akan cepat slip
b. kinerja kopling lebih baik
c. akselerasi makin bagus
d. tidak ada pengaruh
33.Apa
tujuanya sepeda motor bebek mengaflikasi kopling jenis otomatis
a. untuk mengatasi hentakan pada saat sepeda motor
masuk gigi satu
pada awal start
b. karena lebih canggih
c. untuk memudahkan proses perawatan
d. supaya pengunaan sepeda motor lebih nyaman
34.Lapisan plat kopling
disebut dengan kanvas kopling terbuat dari
paduan bahan asbes dan logam. Paduan ini dibuat dengan tujuan
agar plat kopling dapat memenuhi persyaratan ...
a. Dapat menahan beban akibat putaran fly wheel
yang berasal
dari mesin
b. Bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial
dan arah radial
c. Tahan terhadap tekanan pegas kopling
d. Tahan terhadap panas, gesekan dan dapat
mencengkeram dengan
baik
35. Gambar
di atas merupakan unit mekanis one way clutch ada berapakah
bantalan baja pada bagian itu…………..
a. 4 buah
b. 5 buah
c. 6 buah
d. 3 buah
C.JAWABLAH
SOAL DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT !
1. a. Sebutkan Fungsi dari kopling
b. Sebutkan komponen-komponen kopling hidrolis dan jelaskan fungsinya (minimal 5)
1. a. Sebutkan Fungsi dari kopling
b. Sebutkan komponen-komponen kopling hidrolis dan jelaskan fungsinya (minimal 5)
2. Jelaskan cara kerja master silinder kopling pada saat :
a. Pedal ditekan
b. Pedal dilepas
3. Jelaskan keuntungan dan kerugian pada :
a. Kopling mekanis
b. Kopling hidrolis
4.
Perhatikan Gambar !
a. Sebutkan komponen pada gamabar disamping !
b. Uraikan cara kerja gambar di samping
5.
Sebutkan dan jelaskan macam – macam kebebasan pada silinder kopling !
6. Uraikan langkah-langkah Bleeding / pembuangan udara pada system kopling hidrolik!
7. a. Sebutkan gejala-gejala pada kopling selip !
b. Sebutkan sebab-sebab kopling selip !
c. Uraikan langkah pemeriksaan pada kopling selip !
8. Perhatikan gambar plat kopling di samping ini :
a. Sebutkan nama komponen pada gambar di samping
b. Jelaskan fungsi masing-masing komponen
c. Sebutkan macam syarat-syarat kanvas kopling.
9. a.
Apa yang dimaksud dengan kopling menggesek dan apakah perbedaannya
dengan kopling selip ?
b. Sebutkan sebab-sebab kopling mengesek !
dengan kopling selip ?
b. Sebutkan sebab-sebab kopling mengesek !
10.a.Sebutkan kompononen
komponen kopling mekanis tipe basah!
b.Sebutkan komponen komponen kopling
otomatis.
D.SKALA SIKAP.
1.Ketika kamu sedang
mengerjakan /mengoverhoul kopling pasien,tiba tiba ada pasien perempuan yang
mengeluhkan kondisi motornya
rusak.Bagaimana Perkataan dan sikap kamu sebagai pekerja
profesional,bila pekerjaan kamu masi banyak dan perlu antri.Jelaskan menurut
kamu!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------..............................................................................................................................................................................................................................
2.Ketika kamu sedang jalan
jalan dan lagi asik asiknya,tiba tiba terlihat didepan kamu ada orang tua minta
pertolongan karena motornya mogok/rusak.jelaskan apa yang akan kamu lakukan!
..............................................................................................................................................................................................................................
3.Ketika kamu sudah
menyelesaikan pekerjaan mengoverhoul kopling,tiba tiba pasien mengatakan mau
nge-bon(berutang),bagai mana sikap kamu dan perkataan kamu!
...................................................................................................................................................................................
NAMA :
KELAS :
PROGRAM KEAHLIAN :
|
NILAI
|
TANGGAL
|
|
PARAF
|
|||
ORANG TUA
|
INSTRUKTUR
|
||
E.Kriteria Penilaian
1.Aspek Penilaian Uji Kompetensi Teori (Kognitif)
NO
|
Aspek Penilaian
|
Skor (1 – 10)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Soal no.1 – 35 bagian
B
|
3,5
|
Skor minimal 70
|
||
2
|
Soal no. 1 – 10
bagian I0
|
6,5
|
Skor minimal 70
|
||
Jumlah
|
10
|
Skor minimal 70
|
2.Aspek Penilaian Uji Kompetensi Praktik (Afektif
dan Psikomotorik)
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor (1 – 10)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Sikap:
1.Kerapian
2.Persiapan alat
3.Sikap kerja
4.Disiplin kerja
5.Kepatuhan
6.Taat asa
7.Keselamatan kerja
|
0,2
0,3
0,5
0,5
0,5
0,5
0,5
|
Afektif skor minimal 70
|
||
2
|
Ketrampilan Praktik|:
1.Pengunaan alat
2.Urutankerja pembongkaran
3.Urutan langkah kerja pemasangan
4.Ketelitian kerja
|
1,0
1,5
1,5
1,0
|
Psikomotorik skorminimal 70
|
||
3
|
Hasil kerja
|
2,0
|
|||
Jumlah
|
10
|
Nilai minimal 70
|
F.Rumus penilaian.
Nakhir
= 0,3 Nt+ 0,7 Np
|
Keterangan :
Nakhir : Nilai akhir
Nt : Nilai teori
Np : Nilai
praktik
DAFTAR PUSTAKA
|
AHM(PT ASTRA HONDA
MOTOR).Pengetahuan Produk.Jakarta :
Astra Honda Training centre.
AHM(PT ASTRA HONDA MOTOR).Buku Pedoman Reparasi,Honda
Karisma,Supra X.
AHM Buku pedoman reparasi honda TIGER DAN GL SERIES.Jakarta PT Astra Honda Motor.
Teknik Reparasi Dan Perawatan Sepeda Motor.Drs.Daryanto.
Belajar Teknik dan Perawatan Kendaraan Ringan Mesin 4 Langkah.Marsudi,M.T
Otomotif Group.dongkrak performa motor.2011.
Teknik Sepeda Motor
jilid 3.
Diklat Astra Honda
Motor.Tahun 2001,Jakarta.
blog ini bisanya cuma copy paste, terbukti tidak bisa menampilkan gambar , karena belum paham cara upload image.
BalasHapusblog ini bisanya cuma copy paste, terbukti tidak bisa menampilkan gambar , karena belum paham cara upload image.
BalasHapusGambar 1.3 Mekanisme handel
BalasHapus· Tali kopling(kabel kopling).
Gambar 1.4 Kabel Kopling
Tali kopling berfungsi untuk meneruskan tenaga mekanis ke batang penekan ketika handel ditekan.
· Tuas(batang penekan)
Berfungsi merubah gaya tarik dari inner cable(kawat kopling) menjadi gaya putar atau tekan untuk mendorong/menekan pen pendorong(stut kopling).
· Pen pendorong(stut koplin)
Pen pendorong berhubungan langsung dengan tuas penekan dan plat penutup pegas kopling.pada sepeda motor tertentu penempatan penpendorong dari dalam mainshaft(poros utama/as kopling)yang ditambahi dengan sebuah bola baja(peloran).biasanya pada sepeda motor jenis YAMAHA yang menggunakan sistem kopling mekanis. mana gambarnya ? kok gak ada sich...., makanya belajar dulu cara upload nya , jangan bisanya cuma copy paste doang....!