Kamis, 30 Agustus 2012

teknik sepeda motor

MEMELIHARA UNIT KOPLING MANUAL DAN OTOMATIS
A.KOMPONEN SISTEM PEMINDAH TENAGA.
1.KOPLING(CLUTCH)
           Kopling berfungsi meneruskan dan memutus putaran dari poros engkol ke transmisi(perseneling) ketika mulai atau mau menjalankan kendaraan atau merubah kecepatan kendaraan.umumnya kopling yang digunakan pada sepeda motor adalah kopling tipe basah dengan plat ganda,artinya kopling dan komponen lainnya terendam oleh minyak pelumas dan terdiri dari beberapa plat kopling.
Kopling menrurut cara kerjanya ada dua jenis,yaitu:
         1.kopling mekanis
         2.Kopling otomatis.

Cara kerja kedua jenis kopling ini sangat berbeda ketika memutus dan menghubungkan putaran poros engkol.

1.Kopling mekanis(Manual cluth)

   Kopling mekanis adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh handle kopling dengan cara menarik handel kopling ketika mau membuka dan memutus putaran dari poros engkol.kedudukan kopling ada yang terdapat pada crankshaft(poros engkol/kruk as).misalnya sepeda motor:Vespa,H70,800 dll.ada juga kedudukanya pada mainshaft(as primer) contohnya pada sepeda motor:CB,Yamaha,Suzi dan Kawasaki.



Gambar 1.1 Kopling Mekanis
   
    Pada gambar 1.1 adalah contoh kopling mekanis Jupiter MX 135 LC.Penggunaan kopling mekanis pada sepeda motor hanya digunakan pada sepeda motor type sport dengan kecepatan tinggi.Model kopling mekanis cara pengoprasiannya untuk membuka dan menutup kanfas kopling dengan cara menarik kabel kopling yang dipasang pada handel sebelah kiri dan dihubungkan dengan tuas pengungkit pada kabel ujung bawah.keuntungan menggunakan kopling mekanis adalah tarikan sepeda motor lebih responsif disetiap putaran dengan beban kendaraan disetiap medan yang berbeda.dari segi perawatan dan ekonomi lebih hemat.soalnya pada kopling makanis tidak memerlukan kopling otomatis sebagai peredam putaran dari poros engkol.untuk penggantian suku cadang hanya berkisar di kabel kopling,kanfas kopling dan pegas(per) kopling.lain dengan sepeda motor yang menggunakan kopling otomatis.selain memerlukan perawatan yang lebih dan biaya penggantian suku cadang yang lebih mahal dari kendaraan yang menggunakan kopling mekanis.






                               Gambar.1.2.Komponen kopling model plat piringan dengan pegas diafragma

Keterangan dari gambar diatas.
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma)
2. Diaphragm spring
3. Diaphragm spring seat (dudukanpegas diapragma)
4. Pressure plat (plat penekan)
5. Pullrod and bearing (batang pendorong dan bantalan)
6. Friction plates (plat gesek)
7. Plain plates (plat yang digerakkan
8. Nut and lockwasher (mur & cincin pengunci kopling)
9. Wire retaining ring (cincin kawat penahan)
10. Inner plain plate (plain plate bagian dalam)
11. Inner friction plate (plat gesek bagian dalam)
12. Anti-judder spring (pegas)
13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)
14. Clucth centre (kopling tengah)
15. Thrust washer (cincin pendorong)
16. Clucth housing (rumah kopling)
17. Needle bearing (bantalan)
18. Starter clutch gear (gigi kopling starter)
19. Needle bearing (bantalan)
20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter)
21. Gearbox input shaft (poros masuk transmisi.
     Pada gambar 1.2 diatas merupakan komponen komponen kopling mekanis untuk kendaraan Honda GL series.pada dasarnya cara kerja dan fungsi masing masing komponen pada setiap kendaraan sama.yang membedakan hanya bentuk dan ukurannya saja.perbedaan yang paling menonjol pada komponen kopling mekanis adlah pada bentuk plat penekan dan tuas pendorong pengungkit.ada beberapa macam model/cara menghubungkan dan melepas plat penakan dengan plat plat kopling.ada model pembebasan dari dalam dengan menekan plat kopling dan ada juga pembebasan dari luar dengan menekan plat kopling kearah dalam dari luar.
1.1.Sistem kopling mekanis terdiri dari bagian bagian,yaitu:
a.Mekanisme handle terdiri dari:
·         Handel.
Merupakan tuas perantara untuk menekan(membuka)mekanisme kopling yang ada didalam mesin.


   

Gambar 1.3 Mekanisme  handel


·         Tali kopling(kabel kopling).


Gambar 1.4 Kabel Kopling

Tali kopling berfungsi untuk meneruskan tenaga mekanis ke batang penekan ketika handel ditekan.
·         Tuas(batang penekan)
Berfungsi merubah gaya tarik dari inner cable(kawat kopling) menjadi gaya putar atau tekan untuk mendorong/menekan  pen pendorong(stut kopling).
·         Pen pendorong(stut koplin)
Pen pendorong berhubungan langsung dengan tuas penekan dan plat penutup pegas kopling.pada sepeda motor tertentu penempatan penpendorong dari dalam mainshaft(poros utama/as kopling)yang ditambahi dengan sebuah bola baja(peloran).biasanya pada sepeda motor jenis YAMAHA yang menggunakan sistem kopling mekanis.


b.Mekanisme kopling terdiri dari
·         Driven gear(gigi penggerak/gear kopling house)
Merupakan gigi pemhubung untuk meneruskan putaran dari gigi pada poros engkol.

                   

Gambar 1.5 Driven Gear.

·         Rumah kopling(cluth housing).
Berfungsi sebagai tempat plat kopling,kanfas kopling,pir kopling,karet kopling,plat penekan dan clucth center.

Gambar 1.6 Rumah Kopling

·         Plat gesek(friction plate/kanfas kopling).
Berfungsi sebagai pemutus dan penerus putaran dari gigi utama poros engkol ke rumah kopling ketika handel kopling ditarik dan dilepas.
             

Gambar 1.7 Kanfas Kopling

·         Plat kopling(plain plat).
Berfungsi sebagai penerus dan pemutus putaran dari kanfas kopling ke rumah kopling.Plat kopling besinggungan dengan kanfas kopling.tetapi tempatnya nok nya berbeda.kalau plat kopling pemasngannya dihubungan dengan center clucth.Sedangkan kanfas kopling pemasangan daun kanfas dihubungkan dengan house cluth(rumah kopling).


Gambar 1.8 Plat kopling

·         Per kopling(pegas kopling).
Berfungsi sebagai perekat dan pengembali kanfas kopling ketika handel kopling ditarik atau dilepas.
Gambar 1.9 Pegas kopling
 
Pada sepeda motor tertentu pegas kopling tidak menggunakan per sepiral seperti gambar 1.9.melainkan dengan pegas diafragma yaitu berupa lempengan lempengan

plat baja yang berbentuk seperti sirip sirip untuk kalangan perbengkelan ada yang menyebut kuku macan.tetapi fungsinya tetap sama dengan pegas model spiral.pegas diafragma lebih rumit dan banyak kekurangannya dibanding dengan pegas model spiral.pegas diafragma sendiri diaplikasikan pada sepeda motor jenis FD 110,JUPITER – ZR dan yang terbaru HONDA BLADE.contoh gambar kopling yang menggunakan pegas diafragma seperti gambar 1.10.di bawah.                                                   


                             



Gambar 1.10 kopling dengan diafragma honda blade



Buat pemilik Honda Blade, Revo 110, dan Yamaha Vega ZR.sebagai informasi, kopling pegas diafragma bukan pakai per spiral seperti terlihat pada rumah kopling generasi sebelumnya. namun, pegas itu dari lempengan pelat baja dengan bentuk lingkar dalam melengkung.boleh dibilang, teknologi ini masuk kategori lawas dan dipopulerkan kembali oleh dua merek sekaligus. Hanya, ada anggapan kalau kopling model per diafragma kurang kuat dan susah perawatannya, bahkan untuk mencari per aftermarket atau ingin meningkatkan performa, hal itu termasuk paling sulit.Kalau soal perawatan, baik kopling per spiral, maupun diafragma sama saja caranya,sebab kemampuannya tergantung dari ketebalan dan kinerja kampas dan pelat kopling itu sendiri.
·         Plat penekan.
Plat ini berhubungan langsung dengan baut pengikat(baut 10mm).yang inti kerjanya sebagi pembebas dan penghubung putaran kanfas kopling ke main shaft.

 
Gambar 1.11 Plat penekan

·         Kopling tengan(center cluth).
Berfungsi sebagi tempat susunan kanfas kopling dan plat kopling.
     

Gambar 1.12 Center cluth


·         Batang peneka/pembebas(release rod)
Berfungsi sebagai penekan tutup per kopling agar kopling terbebas dari putara mesin.


Gambar 1.13 Rangkaian kopling GL SERIES.

Rumah kopling ditempatkan di poros utama(main shaft) yaitu poros yang menggerakkan semua gigi transmisi.Tetapi rumah kopling bebas terhadap poros utama dikarenakan di dalam rumah kopling terdapat bosh(bantalan luncur).pada bagian luar rumah kopling terdapat roda gigi yang berhubungan dengan roda gigi poros engkol.sehingga bila poros engkol berputar rumah kopling juga ikut berputar.
Agar putaran rumah kopling sampai pada poros utama,maka pada poros utama dipasang hubungan kopling.untuk menyatukan hubungan kopling dengan rumah kopling digunakan dua tipe plat,yaitu plat tekan(clucth driven) dan plat gesek(friction plate/kanfas kopling).kanfas kopling dapat bergerak bebas terhadap hubungan kopling ,tetapi tidak bebas terhadap rumah kopling(house kopling).sedangkan plat tekan(plat kopling) dapat bebas dapat bergerak bebas terhadap rumah kopling,tetapi tidak bebas terhadap hubungan kopling.intinya,ketika melakukan pemasangan unit kopling.sebalum perkopling dipasang plat penekan dan center kopling harus dapat berputar kekanan dan kekiri.sedangkan rumah kopling(kopling house) tidak ikut berputar.kemudian setelah dipasang per kopling dan plat pengungkit seluruh unit koplig(kopling house,plat,kanfas kopling,per,plat penekan,plat center).

1.2.Cara Kerja Kopling Mekanis.
Bila handel kopling tidak ditekan,maka plat kopling dan plat gesek dijepit oleh piring penekan(cluth pressure plate) dengan bantuan pegas kopling,sehingga tenaga putar dari poros engkol diteruskan ke roda belakang.
Sedangkan bila handel kopling ditekan kawat kopling akan menarik pembebas kopling.pembebas kopling akan menekan batang tekan(pushrod)yang ditempatkan poros utama/pada bantalan peluru(klaker).pushrod(stut kopling)akan meneka/mendorong pengungkit kopling secara berlawanan dengan arah pegas kopling.Akibatnya plat gesek dan plat penekan akan saling merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada poros utama(yang berputar hanya rumah kopling dan plat gesek.
Ilustrasi aliran tenaga(putaran) dari mesin ke kopling dan ke transmisi.


Gambar 1.14 Ilustrasi ketika handel kopling ditekan

    Pada gambar 1.14 mengilustrasikan saat handel kopling ditekan sehingga putaran dari poros engkol tidak diteruskan ke transmisi karena plat kopling dan kanfas kopling saling berenggangan akibat dari plat penekan di buka/ditekan oleh pushrod(stut kopling).

Gambar 1.15 Ilustrasi handel kopling setengah ditekan


Pada gambar 1.15 diatas mengilustrasikan ketika handel kopling mulai dilepas/ditekan.pada saat ini plat plat penekan dan kanfas kopling mulai berhubungan sehingga putaran dari mesin(poros engkol)mulai diteruskan/deputus ke poros utama(main shaft) tenaga putar dari poros engkol hanya separuh yang diteruskan ke poros utama kopling.



Gambar 1.16 Ilustrasi handel kopling posisi bebas.

Gamar 1.16.Mengilustrasikan saat handel kopling dilepas.putaran dari poros engkol diteruskan ke gear box transmisi.plat dan kanfas kopling saling berhubungan.

Pada tipe kopling mekanik terdapat dua cara untuk membebaskan kopling,yaitu secara manual dan hidrolik.metode pembebasan kopling secara manual adalah dengan menggunakan media perantara berupa kabel kopling yang yang ditarik oleh handel kopling.Sedangkan yang pembebasan dengan hidrolik pada dasarnya hanya meggantikan kabel kopling dengan minyak hidrolik.selain itu model kopling hidrolik lebih nyaman dan lembut waktu pengoprasianya,tetapi memerlukan biaya yang mahal untuk perawatan komponen komponen kopling hidrolik.dapat dilihat pada gambar dibawah ini komponen komponen pembebas kopling hidrolik.


Gambar 1.17 komponen pembebas kopling hidrolik.

1.3 Terdapat tiga tipe untuk pembebasan kopling secara manual,yaitu:
1) Tipe dengan arah penekanan plat kopling dari arah luar ke dalam(outer push type)
Pada tipe ini jika handel kopling ditarik,plat penekan akan ditekan kearah    dalam,sedangkan posisi batang penekan(stut kopling)berada disebelah kanan pada bak kopling.contoh seperti sistem kopling honda gl,win,tiger dkk.




Gambar 1.18 Pembebasan kopling dengan outer push type


2)Tipe dengan mendorong kearah luar dari dalam(inner push type)
    Pada tipe ini jika handel kopling ditarik,plat penekan akan ditekan kearah luar dari sebelah dalam.pada tipe ini batang penekan ditempatkan didalam poros utama.

Gambar 1.19 pembebas kopling dengan inner push.




3)Tipe rack and pinion
    Pada tipe ini rata rata digunakan pada sepeda motor kecepatan tinggi,karena kontruksi pada batang penekan dan tuas pembebas langsung berhubungan.sehingga diyakini cara pembebasan kopling lebih cepat dan akurat.selain itu mmempunyai daya tahan yang tinggi.



Gambar 1.21 Pembebas kopling dengan sistem Rack dan Pinion

   Sedangkan metode pembebasan kopling tipe mekanik dengan menggunakan sistem hidrolik adalah dengan mengganti fungsi kabel kopling oleh cairan hidrolik.cara kerjanya hampir sama dengan sisrtem rem yang menggunakan cairan hidrolik.jika handel kopling ditarik batang pendorong(pushrod) pada master silinder mendorong cairan hidrolik yang

berada pada slang.kemudian cairan akan menekan piston yang tedapat pada silinder pembebas(Release cylinder).


Gambar 1.22 Kaliper kopling hidrolik

Gambar dibawah ini dapat menjelaskan komponen pembebas dengan hidrolik beserta cara pemasangannya.


Gambar1.23 tabung minyak(master) hidrolik pada sistem kopling hidrolik.


Gambar 1.24 Pemasangan slang hidrolik pada handel kopling.




Gambar 1.25 Pemasangan kaliper kopling hidrolik


Gambar 1.26 Penyetelan daya pembebas kopliong

Manfaat dari dari kopling hidrolik pada sepeda motor tarikan tuasHandel kopling) lebih ringan selain itu sepeda motor terlihat sangat keren.dari segi kerja kopling hidrolik lebih tahan lama dari pada kopling yang menggunakan kabel.
Pada gambar diatas dapat dijelaskan cara pemasangan kopling hidrolik sepeda motor,yaitu:
·         Rangkai perangkat kopling sebelum aplikasikan pada sepeda motor.mulai dari handel kopling,dudukan handel,tabung oli dan slang.karena pada saat membeli part kopling hidrolik kondisinya masi terpisah dan harus disesuaikan(Gbr 1.2 dan Gbr 1.3)
·         Setelah merangkai,masukkan oli ke master handel(tuas utama).dan pompa/kocok dengan tarik lepas handel kopling sampai dirasa tarikan mengeras.maksudnya agar oli masuk ke slang dan kaliper kopling.
·         Setelah itu pasang perangka kopling hidrolik pada tempatnya.
·         Setelah kopling hidrolik terpasang,seting baut yang ada pada tuas kopling(kaliper kopling).yang bertujuan mengatur tingkat kekerasan pada handek kopling ketika ditarik.(Gambar 1.23 Penyetelan kopling hidrolik).
Penjelasan singkat pembebasan koplinfg dengan hidrolik ketika tuas kopling(handel) ditarik silinder master handel akan mendorong cairan menuju kaliper bawah.cairan tersebut akan mendorong piston keluar dan mendorong pushrod yang terdapat pada bagian dalam poros utama transmisi.pergerakan pushrod pada poros utama akan menyebabkan plat penekan pada kopling akan tertekan sehingga kanfas dan plat akan terbebas dan putaran mesin tidak dapat diteruskan ketransmisi.
Metode pembebasan kopling dengan hidrolik mempunayai keuntungan antara lain:Lembut,dan ringan dalam melapas dan menghubungkan rangkaian kopling,bebas penyetelan dan perawatan kecuali pemeriksaan berkala tehadap cairan hidrolik dan penggaantian cairan dan perapat seal.dengan pergerakan yang lembut dan ringan tersebut tipe ini dapat menggunakan pegas yang lebih kuat agar daya cengkram antar plat semakin baik.sehingga proses pelepasan dan penghubung putaran dari poros engkol ke transmisi jadi semakin baik.
2.Kopling Otomatis (Automatic Clutch)
    Kopling otomatis adalah kopling yang cara kerjanya diatur oleh tinggi rendahnya putaran mesin itu sendiri.digunakan pada kendaraan lama misal,A 800,SUZUKI FR,YAMAHA V 80 dll.tetapi model kopling tersebut mengalami perbahan kontruksi dan bentuk.hanya cara kerjanya yang tetap.untuk jaman sekarang disebut kopling ganda seperti pada gambar 1.27 dimana cara terhubung antara plat dan kanfas dilakukan dengan otomatis.kedudukan kopling berada pada poros engkol ada juga berda pada poros utama transmisi seperti halnya pada kopling mekanis.untuk sepeda motor jenis terbaru rata rata menggunakan tipe kopling otomatis model sepatu sentrifugal.di kampas kopling ganda ini ada dua komponen pokok,yaitu

Gambar 1.27 rumah kopling dan sepatu kopling
1-clutch housing(rumah kopling)
     Rumah kopling ini berfungsi meneruskan putaran ke roda gila atau fly wheel.

2-clutch housing(sepatu kopling/kampas).
     Sepatu kopling ini akan memutus dan menghubungkan putaran dari poros engkol ke roda   gila melalui rumah kopling.
     Sekilas cara kerjanya adalah sepatu kopling atau kampas kopling ganda ini terhubung dengan poros engkol( crankshaft ).disaat sepatu kopling ini mendapat gaya putar (dengan putaran tertentu), maka sepatu kopling ini akan terlontar.dengan putaran tinggi sepatu kopling akan menempel pada rumah kopling sedangkan dengan putaran rendah atau langsam sepatu kopling ganda ini tidak akan terlontar atau tidak menempel pada rumah kopling,proses ini biasa juga disebut gaya sentrifugal.dapat disimpulkan bahwa putaran mesin tidak akan terhubungkan dengan gear transmisi walau posisi gear masuk.bila putaran mesin dalam keadaan langsam.sekarang dapat kita pahami kenapa motor bebek tanpa kopling manual/kopling tangan, tidak mati bila dalam posisi gigi persnel masuk dan putaran mesin dalam kondisi langsam.yaa…karna kopling otomatis tidak terhubung ke flyweel.berbeda pada motor yang full clutch/kopling tangan,apabila gigi persnel masuk sementara kopling dilepas maka mesin akan langsung mati bila putaran mesin langsam/tanpa di gas.
        Mekanisme atau peralatan kopling otomatis tidak berbeda dengan kopling mekanis.hanya saja tidak menggunakan handel,sebagai gantinya ada alat khusus yang bekerja secara otomatis,seperti:

a)       Otomatis Kopling.
Terdapat pada kopling tengah.seperti gambar di bawah ini.



Gambar 1.28 Komponen kopling sentrifugal
Seperti penjelasan diatas bahwa kopling otomatis secara kusus mempunyai fungsi sebagai pengganti koplik mekanis.bila sepeda motor tidak menggunakan kopling mekanis(kopling tangan) pada rangkaian kopling harus ditambah dengan kopling otomatis(kopling ganda)agar proses pengoprasian gigi transmisi berjalan dengan lembut dan tidak terjadi hentakan bila tuas perseneling dilepas secara tiba tiba.berbagai macam bentuk dan ukuran kopling otomatis yang digunakan pada sepeda motor.tetapi secara fungsinya tetap sama.


b)      Bola Baja Keseimbangan Gaya Berat (roller weight)



            

Gambar 1.29 Roller weight pada yamha dan supra x 125.

Berfungsi sebagai penekan plat dasar waktu mesin mengalami perubahan putaran dari idle ke menengah/tinggi.

c)       Per kopling yang lemah.
Berfungsi untuk mengembalikan/menetralkan kopling waktu mesin putaran idle.per kopling jenis ini dapat dilihat pada gambar 1.24.untuk jenis sepeda motor yamaha dan suzuki hanya memakai satu buah per kopling lemah dan berbentuk bulat spiral.sedangkan pada sepeda motor jenis honda menggunakan lima buah per dengan bentuk kotak spiral(seperti per boshtle dinamo stater).

d)      Pegas Pengembali(return spring).


Gambar 1.30 Pegas kopling,kanfas,plat dan karet kopling sentrifugal.
Pegas ini berguna untuk mengembalikan cepat kanfas sentrifugal bila mesin hidup dari putaran tinggi menjadi rendah.seperti dijelaskan diatas kopling otomatis terdiri dari kopling pertama dan kopliong kedua.Kopling Pertama ditempatkan pada poros engkol,komponennya terdiri dari tiga buah sepatu kanfas,pemberat sentrifugal,pegas pengembali dan rumah kopling.


Secara lengkap cara kerja kopling otomatis tipe sentrifugal sebagai beriku:

Pada putaran tansioner/langsam/putaran rendah,putaran poros engkol tidak diteruskan pada gigi pertama penggerak(primary drive gear) maupun ke gigi pertama yang digerakkan (primary driven gear).ini terjadi karena rumah kopling bebas(tidak berputar)terhadap kanvas,pemberat,dan pegas pengembali yang terpasang pada poros engkol.


Gambar 1.31 Kontruksi kopling otomatis tipe sentrufugal,(A) sentrifugal tipe sepatu kanfas,(B) Sentrifugal tipe plate.
Pada saat putaran rendah gaya sentrifugal dan kanvas kopling,pemberat menjadi kecil sehingga sepatu kopling terlepas dari rumah kopling dan tertarik ke arah poros engkol,akibatnya rumah kopling yang berkaitan dengan gigi pertama penggerak menjadi bebas terhadap poros engkol.
Saat putaran mesin bertambah gaya sentrifugal semakin besar sehingga mendorong kanvas kopling mencapai rumah kopling dimana gayanya lebih besar dari gaya tarik pengembali.rumah kopling ikut berputar dan meneruskan ketenaga gigi pertama yang digerakkan.
Sedangkan kopling kedua ditempatkan bersama primary driven gear pada poros center(counter shaft)dan berhubungan langsung dengan mekanisme pemindah gigi.kopling kedua dibebaskan oleh pergerakan poros pemindah gigi(gear shifting shaft).
3.Tipe tipe kopling
Selain dibedakan menurut cara kerjanya tipe kopling juga dibedakan sebagai berikut:
1)       Berdasarkan Konstruksi Kopling.
a.       Kopling tipe piringan
Kopling tipe piringan (disc) terdiri dari berbagai plat gesek(friction plat) sebagi plat penggerak untuk menggerakkan kopling.Plat gesek dan plat yang digerakkan (plain plate) pada tipe kopling manual digerakkan oleh per/pegas.baik jenis pegas spiral/keong.maupun pegas diafragma seperti yang digunakan oleh honda Revo,Blade dan Jupiter ZX.
Gambar 1.32 Kopling piringan dengan penggerak tipe diafragma spring.

       Selain kopling dengan pegas diafragma seperti gambar diatas,kopling piringan dapat digerakkan secara otomatis berdasarkan gerakan sentrifugal.seperti gambar 1.26.untuk jenis kopling piringan letak perbedaannya hanya pada pegas kopling.untuk jenis kopling tipe piringan pega kopling berbentuk lempengan/plat baja yang tirus kearah luar dari plat penekan dan disebut pegas diafragma.pada dunia bengkel sering disebut kuku macan.kontruksi kopling tipe plat hanya digunakan pada motor motor lama seperti suzuki rc,bravo,tornado,sogun dan yang motor baru hanya pada jenis sepeda motor sperti yang disebut diatas.
     Sebagai tambahan dan pengingat,untuk gambar 1.27 pada bagian atas merupakan kontruksi kopling kendaraan ringan(mobil).hanya suzuki smash yang kontruksi plat plat koplingnya mirip dengan kendaraan ringan.
b.       Kopling Sepatu Sentrifugal.
Kopling sepatu sentrifugal (the shoe tipy centrifugal clucth) terdiri dari susunan sepatu atau kanfas kopling yang akan bergeak kearh luar karena gerakan sentrifugal saat kopling berputar.kopling ini akan meneruskan  putaran dari mesin ketransmisi setelah gerakan sepatu kanfas kearah luar berhubungan dengan rumah kopling(mangkuk kopling) sehingga rumah kopling tersebut ikut berputar.bentuk dan komponen kopling sentrifugal(kopling ganda) dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.


   
Gambar.1.33 kopling mekanis,kopling sentrifugal dan mangkuk kopling(rumah kopling sentrifugal)

Keterangan gambar 1.28
     Dapat dijelaskan pada umumnya kendaraan sepeda motor yang beredar di indonesia menggunakan kopling sentrifugal jenis sepatu sentrifugal.kopling sentrifugal tentu harus kita ingat bahwa sebagai pengganti kopling mekanis(kopling yang cara menghubuingkan dan memutus putaran dari poros engkol ke transmisi dengan menarik hadel).seperti gambar 1.28 merupakan contoh sistem kopling pada honda astrea yang cara kerjanya telah dijelaskan pada halaman 17.sepeda motor yang menggunakan jenis kopling otomatis memiliki kelebihan dan kekurangan.terutama pada segi ekonomi harus mengeluarkan biyaya yang lebih karena,untuk penggantian komponen kopling otomatisnya saja 1 pc dipasaran sekitar 600 ribu belum termasuk ongkos pasang dll.sangat beda dengan koplinng mekanis yang hanya memerlukan penggantian pada komponen mekanis nya saja(kanfas kopling,karet kopling house,inner cable dll).pabrikan sepeda motor memang menciptakan kendaraan dengan berbagai enovasi dan kreasi dengan maksud tujuan memberikan pelayanan,kepuasan dan keselamatan bagi setiap pengendara.serta hasil karya meraka dapat dinikmati dan dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masarakat.

c.        Kopling “v” Belt
Kopling V belt merupakan kopling yang terdiri dari sabuk dan pully.kopling akan bekerja meneruskan putaran dari mesin bila ada gaya sentrifugal yang menjepit V terserbut.
                   
Gambar 1.34 Kopling dengan sabuk V dan komponen penggeraknya.
                                                            
        Pada ganbar 1.28 merupakan kopling jenis sabuk(untuk motor metik pada umumnya)dimana mekanisme V-belt tersimpan dalam ruangan yang dilengkapi dengan sistim pendingin untuk mengurangi panas yang timbul karena gesekan sehingga bisa tahan lebih lama. Sistim aliran pendingin V-belt ini dibuat sedemikian rupa sehingga terbebas dari kotoran / debu dan air. Lubang pemasukan udara pendingin terpasang lebih tinggi dari as roda untuk menghindari masuknya air saat sepeda motor berjalan di daerah banjir.(lebih lengkap dibahas di bab transmisi otomatis dan konvensional)
Secara singkat Rangkaian Rute Tenaga kopling model V adalah:
1.       Poros engkol langsung mengkopel pulley primary dan dengan V-belt memutar pully secondary.
2.       Untuk menggerakan roda belakang menggunakan kopling centrifugal yang akan memutar rumah kopling
3.       Gaya centrifugal dari putaran rumah kopling ke putaran roda, direduksi melalui roda gigi perantara (gearbox) sehingga menghasilkan dua tahap reduksi.

Konstruksi dan Fungsi
·         Bagian Pully Primary ( Pully Pertama seperti gambar 1.34 )
       Pada bagian poros engkol terdapat collar yang dikopel menyatu dengan fixed sheave (kita sebut F sheave), yaitu bagian pulley yang diam dan cam. Adapun sliding sheave (kita sebut S sheave) piringan pully yang dapat bergeser terdapat pada bagian collar.untuk menarik dan menjepit V-belt terdapat rangkaian slider section. Piringan pully yang dapat bergeser ( S sheave ) akan menekan V-belt keluar melalui pemberat (roller weight) karena gaya centrifugal dan menekan ” S ” sheave sehingga bentuk pully akan menyempit mengakibatkan diameter dalam pully akan membesar.Secara singkat didalam cam terdapat enam buah pemberat(roller) yang di tempatkan pada pully penggerak.ketika putaran mesin bertambah dengan beban kecil roller akan terdorong keluar karena gaya sentrifugal otomatis pully penggerak akan menekan sabuk V dan meneruskan putaran mesin ke pully belakang(pully ke dua)pada pully belakang dipasang kopling otomatis(kopling ganda)pemasangan ini bertujuan untuk meneruskan putaran mesin ke roda.
2).Berdasarkan Kondisi Kerja Kopling
    a.Wet clutch (kopling basah)
     Kopling basah merupakan salah satu tipe yang ditinjau berdasarkan kondisi kerja kopling.yaitu merendam bagian bagian kopling di dalam cran case (bak engkol/bak kopling) dengan minyak pelumas/oli.pelumas berfungsi sebagai pendingin untuk mencegah kopling terbakar.fungsi lainnya adalah untuk melumasi bushing dan bearing yang terdapt pada rumah kopling dan melumasi kanvas dan gigi yang terdapat pada plat kopling.untuk pengetahuan bila menemukan kejadian kanfas kopling terbakar disarkan melubangi rumah kopling luar,agar oli pelumas dapat bersirkulasi/masuk ke plat dan kanfas kopling.seperti gambar dibawah ini.
Gambar 1.35 Pengeboran rumah kopling luar
         Pada saat penambahan lubang jalur oli pada rumah kopling,rumah kopling harus dilepas dan dijepit pada ragum untuk keamanan.selain itu pemberi lubang pelumas pada rumah kopling dapat mencegah kopling selip dan dapat meningkatkan akselerasi motor.
b).Dry Clutch
Kopling kering digunakan untuk mengatasi kelemahan kopling basah.gesekan kopling basah tidak sebanyak kopling kering,sehingga membutuhkan jumlah plat kopling lebih banyak.disebut kopling kering karena penempatan kopling berada diluar ruang oli yang berhubungan langsung dengan udara luar.untuk pengguna kopling kering hanya digunakan pada jenis motor balap dengan kecepatan tinggi.alasan utamanya adalah pada motor balap dibutuhkan respon yang lebih baik dan cepat walau kerja kopling yang dihasilkan agak kasar dari pada kopling basah.selain itu dengan kopling kering tentunya akan mengurangi berat kendaraan.contoh gambar kopling kering seperti i bawah ini.


             
Gambar 1.36 Motor dengan kopling kering.
Contoh Clutch pada Ducati
 
Gambar 1.37 Kanvas kopling dan plat kopling ducati 900cc.
Sistem clutch / kopling pada motor Ducati terbagi menjadi 2 tipe yang diaplikasikan, yaitu sitem kopling kering (dry clutch system) dan sistem kopling basah (wet clutch system). Kedua tipe tersebut menggunakan sistem pelat kopling majemuk / multiple clutch plates namun masing-masing sistem mempunyai bentuk kanvas yang sedikit berbeda dengan yang lainnya. Jumlah lempengan pelat dan lembar kanvas pada kedua sistem kopling tersebut (basah maupun kering) bervariasi tergantung pada tipe dan tahun dari motor itu diproduksi, tapi rata-rata jumlahnya antara 5 – 7 lembar kanvas kopling dan 7 – 9 lempengan pelat kopling (untuk motor sampai dengan tahun 2009). Motor Ducati produksi tahun 2010 keatas menggunakan 11 lembar kanvas dan 10 pelat kopling.
Sejak tahun 2004 Ducati menggunakan sistem kopling basah APTC (Adler Power Torque Plate Clutch) yang didesain dan dipatenkan oleh Adler dan dikembangkan oleh R&D Ducati spesifik untuk motor Ducati. Motor pertama yang mengaplikasikan sistem APTC ini adalah M620 dan M620 Dark. Keuntungan dari sistem Adler ini adalah lebih ringan pada saat menarik pegas kopling dan juga mengurangi efek ‘torsi balik’ sehingga menghindari ‘terkunci’ nya ban pada saat penurunan gigi perseneling secara ekstrim. Motor Ducati tahun produksi 2010 keatas menggunakan sistem APTC ini ditambah dengan penggunaan servo motor listrik untuk membantu pergerakkan pelat dan kanvas kopling didalam basket kopling tersebut.
Gambar 1.38 Kanvas kopling.
Kedua tipe kopling tersebut diatas (basah / kering) mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sistem kopling basah (sesuai namanya) terletak didalam mesin sehingga kanvas dan pelat koplingnya terendam dalam oli mesin, ini diaplikasikan agar pertama adalah supaya tidak perlu lagi membuat ruang khusus didalam mesin yang tidak terkena oli sehingga membuat mesin lebih ringan, dan kedua adalah oli mesin dipergunakan untuk membantu mendinginkan sistem kopling tersebut. Sedangkan pada sistem kopling kering terdapat ruangan khusus didalam mesin yang tidak berhubungan dengan oli dari mesin tersebut, sehingga kopling bebas dari oli dan menggunakan udara sebagai pendinginnya.
Gambar 1.39 Kanvas kopling

Sistem kopling kering (yang digunakan juga pada Moto GP) pada motor-motor Ducati sampai dengan tahun 2007 diterapkan pada motor dengan kapasitas 900cc keatas (M900, MS2R1000, SS900, ST, MTS1000DS, dll) dan tipe Superbike (748, 749, 916-999). Dimana mesin dengan kapasitas dibawah 900cc (kecuali tahun 2007 keatas) menggunakan sistem kopling basah (M400, M600, M620, M750, MS2R800, SS750, dll).
Sistem kopling kering dapat menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang dengan lebih sempurna (relatif tanpa adanya slip) jika dibandingkan dengan kopling basah, yang pastinya akan ada sekali-kali selip kopling karena adanya pelumasan oleh oli mesin itu sendiri.
Gambar 1.40 komponen komponen kopling kering.
Sistem kopling basah, walaupun sistem kerjanya tidak banyak berbeda dengan sistem kopling kering dan secara performa tidak bisa sesempurna kopling kering dalam hal penyaluran tenaganya namun relatif lebih awet dalam hal pemeliharaan dan penggantian pelat maupun kanvasnya dibanding sistem kopling kering yang harus lebih sering dibersihkan, diukur dan bahkan diganti pelat maupun kanvasnya karena relatif lebih cepat ausnya. Mungkin karena itu juga motor Ducati keluaran 2010 keatas lebih banyak mengaplikasikan kopling basah sebagai media penyalur tenaganya, termasuk tipe Superbike 848, M1100evo, MTS1200 dan juga Diavel.
3)Berdasarkan tipe plat kopling (plate kopling)

a)       Single or double plate type (plat kopling tunggal atau ganda)
Plat kopling tunggal atau ganda digunakan pada sepeda motor yang poros engkolnya  sejajar dengan rangka dan kopling tersebut dibautkan pada ujung rangka tersebut.kopling mempunyai rangka tersendiri yang berada diantara mesin dan transmisi.diameter kopling dibuatbesar agar menghasilkan luas permukaan gesek yang besar karena hanya terdiri dari satu atau dua buah plat kopling.kontruksinya seperti gambar dibawah ini.





b)       Multi-plate type (tipe plat kopling banyak)

Kopling plat banyak adalah suatu kopling yang terdiri dari plat gesek (friction plate) dan plat yang di gerakkan (plai plate) lebih dari satu pasang. Biasanya plat gesek berjumlah 7,8 atau 9 buah. Sedangkan plain plate selalu kurang satu dari jumlah plat gesek karena penempatan plain plat selalu di apit diantara plat gesek.
Pada umumnya sepeda motor yang mempunyai mesin dengan posisi poros engkol melintang menggunakan kopling tipe plat banyak. Alasanya adalah kopling dapat di buat dengan diameter yang kecil. Kopling plat banyak juga sedikit lebih ringan dibanding kopling plat tunggal, namun masih bisa memberikan kekuatan dan luas permukaan gesek yang lebih besar. Kopling plat banyak yang digunakan pada sepeda motor modern pada umumnya kopling plat banyakl tipe basah (wet multi-plate type). Tetapi pada kenyataanya sepeda motor jenis terbaru masih menggunakan kopling biasa.untuk penggunaan kopling plat banyak hanya digunakan pada sepeada motor balap dengan kecepatan tinggi seperti yang telah dibahas pada materi sebelumnya.Kontruksi kopling plat banyak seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
















Gambar.1.42.Komponen kopling model plat piringan dengan pegas diafragma

Keterangan dari gambar diatas.
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma)
2. Diaphragm spring
3. Diaphragm spring seat (dudukanpegas diapragma)
4. Pressure plat (plat penekan)
5. Pullrod and bearing (batang pendorong dan bantalan)
6. Friction plates (plat gesek)
7. Plain plates (plat yang digerakkan
8. Nut and lockwasher (mur & cincin pengunci kopling)
9. Wire retaining ring (cincin kawat penahan)
10. Inner plain plate (plain plate bagian dalam)
11. Inner friction plate (plat gesek bagian dalam)
12. Anti-judder spring (pegas)
13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)
14. Clucth centre (kopling tengah)
15. Thrust washer (cincin pendorong)
16. Clucth housing (rumah kopling)
17. Needle bearing (bantalan)
18. Starter clutch gear (gigi kopling starter)
19. Needle bearing (bantalan)
20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter)
21. Gearbox input shaft (poros masuk transmisi.
4).Berdasarkan posisi kopling
a)       Hubungan langsung
Maksud hubungan langsung adalah pemasangan kopling langsung pada ujung poros engkol.sehingga putaran kopling sama dengan putaran mesin.hanya pada sepeda motor keluaran lama yang menggunakan kopling hubungan langsung.contoh pada gambar dibawah ini adalah sepeda motor(honda 70 dll) yang menggunakan kopling hubungan langsung.


Gambar 1.43 posisi kopling tipe hubungan langsung.
b)       Tipe Reduksi
Maksud dari tipe reduksi adalah pemasangan kopling pada ujung poros utama/poros masuk transmisi.jumlah gigi kopling pada ujung poros utam lebih banyak dibandingkan jumlah gigi penggerak pada poros engkol.kontruksi kopling jenis ini banyak digunakan pada kendaraan kendaraan terbaru.seperti gambar dibawah ini.

                  
Gambar 1.44 Posisi kopling tipe reduksi pada honda GL Series.


Tugas I
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!

1.       Sebutkan dua jenis kopling dan cara kerja berdasarkan sistem operasinya!
2.       Sebutkan fungsi dari kopling!
3.       Sebutkan lima buah komponen kopling manual disch cluth!
4.       Sebutkan 4 nama komponen penekan dari kopling hidrolik!
5.       Sebutkan aliran tenaga pada kopling hidrolik(enam buah)
6.       Sebutkan prinsip kerja dari sentrifugal clucth!
7.       Apakah yang dimaksud dengan cluth in!
8.       Apakah yang dimaksud dengan stalling!

Tugas II        

1.       Sebutkan nama nama komponen yang telah diberi nomer pada gambar dibawah ini.


1.       ................                                                      8. ....................
2.       ................                                                      9......................
3.       ................                                                     10.....................
4.       ................
5.       ................
6.       ................
7.       ................

2.       Sebutkan nama komponen yang telah diberi nomer pada gambar.

1.       ..............                              
2.       ..............
3.       ..............
4.       ..............
5.       ..............
6.       ..............
7.       ..............
8.       ..............
9.       ..............
10.    ..............
11.    ..............
12.    ..............
13.    ..............
14.    ..............
15.    ..............                            
16.    ..............
17.    ..............
18.    ..............                                       




Nama        :

Kelas         :

Program
 keahlian   :
Nilai
Tanggal


Paraf
Orang tua
instruktur


Ø MELAKUKAN OVERHOUL KOPLING MANUAL DAN OTOMATIS BERIKUT KOMPONEN SISTEM PENGOPRASIANNYA
B.MENGOVERHOUL KOMPONEN KOMPONEN KOPLING MEKANIS DAN OTOMATIS
A.Keselamatan dan Kesehatan Kerja
                Tujuan pemeriksaan adalah untuk menyelidiki dan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada komponen komponen.selain itu untuk menjaga dan mempertahankan fungsi dari komponen komponen tersebut.Jadi,pemeriksaan merepukan pekerjaan yang bertujuan mencegah timbulnya kerusakan secara tiba tiba pada komponen tersebut.pada sepeda motor misalnya bertujuan untuk Menghindari terjadinya kerusakan secara tiba tiba pada sepeda motor ketika sedang digunakan.
                Pemeriksaan pada komponen kopling perlu memperhatikan beberapa hal,terutama bahaya yang diakibatkan bagi pengendara bila pemeriksaan kurang teliti dan mengabaikan prosedur keselamatan,kesehatan kerja serta tidak berpedoman pada buku manual pabrik/standart service komponen.Kesalahan dan kurang ketelitian dapat berakibat  fatal bagi pengendara dan terutama pada komponen komponen kopling yang dapat merusak komponen lain.akibat dari kerusakan yang tidak segera di perbaiki/diganti.misal pemeriksaan pada tali kopling,komponen ini harus benar benar diperhatikan dengan cara membersihkan dengan cairan pembersih kemudian diberi pelumas oli.agar inner kabel tidak berkarat dan tidak mudah putus.Untuk itu sebelum melakukan pemeriksaan komponen kopling,langkah langkah berikut harus dilakukan.
1.       Pastikan kunci kontak off/mesin kondisi mati dan dingin.
2.       Sebelum memulai pekerjaan siapkan dulu peralatan dan perlengkapan kerja yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.
3.       Singkirkan semua benda yang tidak berhubungan dengan pekerjaan tersebut.
4.       Pastikan kondisi mesin dingin,bila melakukan pekerjaan kondisi mesin panas dapat membahayakan diri sendiri dan mur baut pada mesin mudah rusak.
5.       Kita tidak tau kondisi kendaraan yang datang pada tempat kerja kita.oleh sebab itu, untuk mempercepat proses kerja.kita bisa langsung menanyakan keluhan keluhan pada pemilik kendaraan secara langsung.
6.       Tanyakan kondisi pelumas,baru diganti atau belum pernah sama sekali diganti.
7.       Periksalah gerak bebas handel kopling(bila kopling mekanis ±15 cm)
8.       Periksa gerak bebas pedal kopling(bila kopling otomatia ± 10 cm)
9.       Periksa pegas kopling dengan menarik dan melepas handel kopling(bila terasa keras kondisi pir bagus,bila lembek harus dilakukan penggantian dengan cara mengoverhoul komponen kopling)
10.    Stel ulang gerak bebas handel dan pedal penekan kopling.
11.    Cobalah kendaraa,ketika mencoba operasikan kopling apa terasa keras,terlau kenyal dan respon kendaraan ketika kopling dilepas gimana rasa tarikan kendaraan.cepat berakselerasi atau lambat(tidak sesuai dengan standar kendaraan).
Setelah melakukan pekerjaan diatas barulah kita dapat menyimpulkan langkah apa yang akan kita kerjakan.cukup melakukan penyetealan ulang atau melakukan overhoul komponen kopling.Ingatt!!kalau perlu melakukan pembongkaran,harus memberi tahu kepada pemilik kendaraan.agar tidak terjadi salah paham.disamping itu harus memberikan penjelasan secara jujur dan terus terang tentang kondisi kendaraan.dalam memberikan penjelasan seorang pekerja harus menjelaskan bagaimana kondisi kendaran bila tidak segera diperbaiki dengan tidak menakut nakuti pemilik kendaraan.berilah penjelasan yang masuk akal.misal:kondisi karet kopling house,bila tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan kerusakan pada gigi utama poros engkol dan gigi kopling house.selain itu biaya penggantian pun semakin besar.












B. Mengoverhoul Kopling Mekanis dan Otomatis
               
                Seperti pembahasan sebelumnya bahwa penempatan kopling pada sepeda motor tidak sama dengan mobil,yang mana pada sepeda motor kopling terpasang di dalam engine.kontruksi pemasangan kopling pada sepeda motor tergantung pada jenis sepeda motor(merk).oleh karena itu cara melepas kopling pun berbeda.untuk jenis sepeda motor cub jenis honda pelepasan kopling mekanis harus bersamaan dengan melepas kopling otomatisnya(kopling mekanis dan otomatis harus dilepas bersama sama.Berbeda dengan jenis sepeda motor Yamaha,bila mau mengganti kanfas kopling tidak perlu membuka kopling otomatisnya.tergantung bagean mana yang mau diperbaiki.selain itu untuk mempercepat kerja.
1.Bahan Dan Peralatan.
                Sebelum melakukan praktik kerja.dari awal harus mempersiapkan bahan dan peralatan kerja.serta mempersiapkan seluruh perlengkapan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.peralatan yang digunakan untuk mengoverhoul kopling mekanis adalah sebagai berikut;
a.       Sepeda motor jenis sport dan cub.
b.       Kunci shoket 1pc
c.        Kunci ring 1pc
d.       Kunci pas 1pc
e.       Kunci mahkota 28 – 30 mm
f.         Kunci T 8 – 14.
g.       Impac drive(obeng getok 1pc)
h.       Palu konde
i.         Palu karet
j.         Jangka sorong
k.        Obeng – dan + 20”
l.         Kain lap
m.      Oli mesin
n.       Cairan pembersih.
2.Urutan Pembongkaran
Setelah peralatan dan perlengkapan siap,perhatikan dulu kondisi obyek kerja.yaitu meliputi:
a.       Letak dari kopling dan kondisi tutup kopling.apakah ada kebocoran oli dll.bila ada kebocoaran pak harus diganti/di scrap bila penamapang pak tidak rata.
b.       Posisikan sepeda motor dengan baik(posisikan standar tengah) dan tidak miring.
Setelah langkah langkah diatas diteruskan dengan pekerjaan pekerjaan seperti dibawah ini:
a.       Keluarkan oli mesin.
Waktu mengeluarkan oli mesin(nge_tap) usahakan menggunakan kunci shoket.untuk menghindari kepala baut rusak.ingatt!!! arah untuk membuka baut tap oli ke arah kiri(kearah knalpot).seperti pada gambar 1.1 dibawah adalah sepeda motor NF – 100,GN – 5.yang model bautnya berdekatan dengan tensioner rante kamrat.jangan sampe keliru buka.untuk baut tap oli,menggunakan kunci shok 17”.sedangkan kepala baut tensioner menggunakan kunci shok 14”.intinya,kepala baut tap oli pada kendaraan jenis honda grand dan supra-x  adalah yang 17”,bukan yang 14”.berarti untuk ngetap oli menggunakan kunci 17”.
Perhatikan gambar 1.2 pada halam 32 jangan memperhatikan sandal jepitnya.Model pembuangan oli dan tutup oli pada sepeda motor tipe sport.didalam tutup oli dipasang pegas dan filter oli.jangan sampai kebalik waktu pemasangannya.
                        

      Gambar 1.1 Baut tap honda cub                      Gambar 1.2 Baut tap pada honda sport

b.       Melepas knalpot.
Cara melepas knalpot harus dari baut/mur pengikat pada kepala silinder dulu(baut/mur pada saluran buang).setelah itu bagaian baut belakang dari knalport.Untuk jenis sepeda motor RX – K dkk tidak perlu melepas knalport.
Ingat!!!! Kusus pada pemasangan knalpot nantinya harus dari bagian depan dulu yang dibaut dan dikuati,yang baut belakang Cuma dipasang pasang saja setelah bagian depan sudah kuat baru baut bagian belakang dikuati.berbeda dengan pemasangan komponen lain yang menggunakan teori Sepatu dan Kaos kaki.seperti gambar dibawah ini.

           

       Gambar 1.3 Baut knalpot depan                      Gambar 1.4 Baut pengikat belakang.


c.        Lepaskan Pijakan Kaki(footstep depan)
Untuk pelepasan baut pengikat pijakan kaki depan,gunakanlah kunci shoket 12”.waktu pelepasan secara menyilang.Ingattt!!!! Jangan sampai salah memutar ke arah penguatan,bisa menyebabkan karter mesin pecah.


        

Gambar 1.5 footstep

d.       Lepaskan pedal kick stater.
Pedal kick stater atau banyak orang bilang trap,slenger,slah berfungsi sebagai pemutar poros engkol untuk menghidupkan mesin melalui gear kick stater,gear kopling house ,gear pada poros engkol yang selanjutnya memutar engkol untuk menjalankan piston.kick stater dipasang pada sepeda motor sebagai cadangan bila motor stater tidak bisa hidup atau kondisi bateray lemah.maka digunakanlah kick stater.         


Gambar 1.6 Kick stater

e.       Lepaskan kabel kopling dari handel pengungkit(untuk sepeda motor jenis sport)
Kabel kopling hanya ada pada sepeda motor yang full cluth(tidak menggunakan kopling otomatis.cara melepas kabel kopling tidak usah dengan memotong atau membuka baut niple kopling.dengan mengendorkan baut/mur(menggunakan kunci pas 12 – 14) pada dudukan stelan ketegangan inner kopling.Setelah dirasa betul betul bebas inner kopling baru memutar tuas pengungkit searah jarum jam dengan menggunakan tang kombinasi sampe putaran terasa tertahan,setelah itu lepas kabel kopling pada dudukannya.cara pemasangannya kebalikan dari cara pelepasan.jangan lupa stel kembali ketegangan inner kabel dengan memutar mur/baut ke arah luar.
Dapat diperjelas seperti gambar 1.7 halaman 34.
Gamabar 1.7 Posisi kabel kopling
               
                Setelah melakukan langkah langkah seperti diatas,amati dulu bila masi ada komponen lain yang msi menempel sehingga mempersulit saat melepas bak kopling.ingatt!! untuk jenis sepeda motor RK tidak perlu membuka knalpot dan footstep.bila semua sudah dianggap beres lanjutkan melepas bak mesin,dan untuk itu cara pelepasannya dikelompokkan menjadi dua,yaitu:
1.       Sepeda motor jenis sport
2.       Sepeda motor jenis cub.
1.Urutan Membongkar Kopling Honda jenis sport.

           

Gambar 1.8 Baut pengikat tutup kopling [Sumber:Tex_q.Mechanic automotif]

Ø  Lepaskan baut pengikat bak mesin(lihat gambar 1.8)
Ø  Lepaskan rotor saringan(topi mexico) dan pompa minyak pelumas(lihat gambar 1.9)

 
Gambar 1.9 saringan oli [Sumbar:Tex_q:Automotive Mechanics]


Ø  Catatan.
Untuksepeda motor jenis tertentu ketika membuka bak kopling harus disertai dengan membuka filter oli.karena didalam rumah filter oli terdapat baut pengikat bak kopling.seprti gambar 1.66 dibawah ini.


Gambar 1.10 Filter oli terletak di bak kopling[Document:warung speed]



Pada gambar 1.9 halaman 34 adalah letak baut peutup rotor(nomer 1,2,3) dan mur pengunci rotor(dilingkari merah).untuk membuka tutup rotor oli gunakan impac drive dengan ujung mata paling lancip.Sedangkan mur rotor oli menggunakan kunci mahkota dengan impac air drive.
Ø  Setelah itu lepaskan baut pengikat plat pengungkit pada kopling house menggunakan kunci T10.
Ø  Lepas plat pengungkit.
Ø  Lepas pegas pengungkit
Ø  Lepaskan mur pengunci bagian tengan kopling dan cincin pengunci(lihat gambar dibawah)

 

Gambar 1.11 Baut pengungkit dan pegas kopling

 
Gambar 1.12 Melepas mur kopling.

Ø  Lepaskan clutch centre(kopling tengah)Jangan lupa kanfas kopling dan plat kopling lepas dulu.
Ø  Lepaskan kopling tengah
Ø  Lepaskan plat penekan kopling.
Ø  Lepaskan cincin seplain pada bagian luar kopling.
Ø  Lepaskan bagian luar kopling dan roda gigi penggerak primer.ketika mau melepas kopling bagian luar yang harus diperhatikan adalah adanya cincin seplain sebagai pembatas/penyekat antara kopling luar dengan kopling center.letak dari cincin seperti gambar 1.13 dibawah ini.


Gambar 1.13 Letak cincin dan kancingan kopling luar.
Ø  Melepas batang pengungkit dengan cara mendorong pin kedalam dengan alat pendorong,seperti gambar 1.14 di bawah ini.
                
Gambar A                                                                       Gambar B
Gambar 1.14
               
       Gambar C                                                                       Gambar D
                                                            Gambar 1.15

Ø  Lepaskan pegas pengungkit pada bak kopling,Gambar A
Ø  Cabut pin pada batang pengungkit,Gambar B
Ø  Lepas batang pengungkit,Gambar C
Ø  Periksa kondidisi seal batang pengungkit,bila rusak harus diganti(untuk mengetahui seal rusak cukup melihat kondisi disekitar seal sebelum dibongkar,ada kebocoran oli atau tidak,bila disekitar seal kotor dan basah berarti terjadi kebocoran oli gambar D).
Ø  Periksa batang pengungkit bengkok atau aus.
Ø  Periksa kondisi pegas pengungkit,masi kenyal atau lemas.

2.Urutan Membongkar  Kopling Honda Cub.
               
                Untuk pembongkaran sepeda motor jenis cub(yang menggunakan kopling otomatis) secara umum sama.yang memebedakannya adalah perbaikan komponen didalamnya.untuk jenis cub yang perlu diperbaiki dan diperiksa meliputi,kopling otomatis dan komponen komponennya serta kopling mekanis dan komponen komponenya.sedangkan pada kopling mekanis(tanpa kopling otomatis) yang diperiksa hanya bagian kopling mekanisnya saja.
                Urutan awal pembongkarannya sama dengan cara membongkar kopling otomatis(telah dibahas pada materi sebelumnya).yang harus tetap menjadi perhatian adalah ketika membongkar mesin harus kondisi dingin.untuk menghindari drat pada crackcase slek/dol).

                Urutan Pembongkarannya Sebagai Berikut:
Ø  Buka baut pengikat bak kopling dengan kunci T8(seperti gambar dibawah ini)
                                                               Gambar 1.16 Baut pengikat pak kopling.           
Ø  Lanjutkan membuka tutup rotor seperti ditunjuk pada gambar 1.17
Gambar 1.17 Tutup filter oli
Ø  Setelah tutup filter terbuka,buka dulu kancingan mur pengikat kopling dengan mengungkit menggunakan obeng min.Lanjutkan membuka mur kopling otomatis seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 1.18 Membuka kopling otomatis
Ø  Lanjutkan melepas kanvas sentrifugal dan bearing pada plat pengungkit.
Gambar 1.19 Membuka bearing pengungkit.
Ø  Lanjutkan melepas mangkuk kopling dengan kunci T10.perhatikan gambar 1.20

Gambar 1.20 Letak baut tutup kopling.
Ø  Setelah melepas bearing(gbr.1.19) dan baut tutup kopling(gbr.1.17) lanjutkan membuka mur kopling pada mainshat,seperti gambar 1.21  di bawah ini.

Gambar 1.21 Membuka mur kopling

Ø  Setelah melepas mur pada kopling otomatis dan mekanik lanjutkan membuka dengan menarik tromol kopling,tutup bawah kopling dan teromol kopling secara bersamaan.seperti gambar  1.22 di bawah ini.
Gambar 1.22 Melepas komponen kopling jenis cub.
Ø  Comot bos pembimbing kopling manual(gambar A) dan ring stopper, ring spali, collar dan pada koling sentrifugal comot ring washer (ingat jangan sampai lupa/tertukar/khilaf dll, kasi tempat bertanda (gambar B).
       
Gambar 1.23 A                                                                 Gambar 1.24 B
                Ingatt!! Pada kruk as juga terdapat satu buah ring plat yang menempel pada bearing krukas(gbr 1.22 B).jangan sampai hilang atau tidak terpasang karena ring ini berfungsi menjaga sepelai(gerak bebas)antara tromol sentrifugal dan kanvas sentrifugal.


C.MELAKUKAN PEMERIKSAAN,PERBAIKAN DAN PEMASANGAN KOMPONEN KOMPONEN KOPLING MEKANIS DAN OTOMATIS.
A.Pemeriksan,perbaikan dan pemasangan kopling mekanis.
1.Pemeriksaan,perbaikan dan pemasangan kopling mekanis.

a.Pemeriksaan bantalan pengangkat,per kopling,ketebalan kanvas dan kebengkokan plat.
pada HONDA TIGER.






b.Pemeriksaan dan peasanghan bagian luar kopling.

                         

                                                                                                            
                 
                                

                           
                                

                   

                         
                Lebih mudahnya untuk proses pemasangannya kebalikan dari pembongkaran.yang selalu harus diingat ketika melepas atau memasang baut,harus dilakukan secara menyilang dengan kekuatan pengencangan yang sesuai.

Ø  Contoh trouble shoot pada kopling mekanis.
NO
GEJALA KERUSAKAN
KEMUNGKINAN PENYEBAB
LANGKAH PERBAIKAN
1









2










3






4
Kopling selip saat berakselerasi








Handel kopling terasa berat/keras bila sedang mengoprasikan kopling








Motor tetap bergerak walau kopling ditekan.





Cara kerja kopling kasar/terasa keras.
1.       Peralatan pengungkit kopling rusak
2.       Kampas kopling aus
3.       Per kopling lemah
4.       Penyetelan kopling belum tepat.
5.       Oli mesin belum pernah diganti sama sekali

1.       Penyetelan mur pada handel dan mur pada tuas pengungkit belum tepat.
2.       Plat kopling bengkok
3.       Kabel kopling tertekuk
4.       Pengungkit kopling bengkok
5.       Bearing penekan rusak

1.       Penyetelan kopling tidak benar
2.       Oli mesin terlalu kental(tdk pernah diganti)
3.       Kanfas kopling aus.

1.       Alur pada rumah kopling(kopling center kasar)
2.       Kanvas dan plat kopling aus
3.       Plat kopling bengkok
4.       Penggunaan per kopling yang kurang tepat.
5.       As penekan/pemindah gigi/as perseneling transmisi bengkok.



Ø  Oto tips
Pernah suatu ketika,penulis mendapatkan keluhan konsumen pengguna Yamaha V-Ixion. keluhan seputar susahnya saat oper gigi. Terutama pada posisi persneling netral/mau mengembalikan ke posisi netral.Dengan bekal keluhan itu, penulis melakukan beberapa pengecekan dan tentu sekaligus memberikan solusi(bukan berarti penulis minteri yang bikin motor apa lagi katagori motor masi baru).Lho kok mesti melakukan beberapa observasi Pak? “Hal itu karena, ada beberapa penyebab yang membuat V-Ixion susah oper gigi.berikut penjelasannya.
1.       Pengecekan pertama.
memastikan posisi nok yang ada pada tuas penekan kopling dan nok yang ada di karter mesin sejajar (gbr.1).

Bila kedapatan dua nok itu tak sejajar, maka saat tuas kopling ditekan,mekanisme kopling tak bekerja semestinya. Akibatnya, saat melakukan oper gigi akan terasa keras.ada dua solusi yang bisa dipakai,untuk membuat dua nok tersebut sejajar lagi.
a.       Pertama lakukan penyetelan yang ada pada pangkal slang kabel kopling (gbr.2). Untuk keperluan tersebut,alatnya cukup pakai kunci pas ukuran 10.bila 2 nok itu belum sejajar,lanjutkan penyetelan berikutnya.tetapi sebelum melakukan solusi yang kedua pastikan setelan yang ada di pangkal slang kabel kopling dalam posisi seperti semula.
b.       Lakukan penyetelan pada batang penekan pendek tuas kopling.nah solusi ini pengerjaan dan alat yang dibutuhkan agak banyak. Pasalnya posisi batang penekan pendek tuas kopling, ada di pelat penekan kampas kopling (gbr.3).alat yang mesti disiapkan kunci T-8 dan kunci pas ukuran 17.alat-alat tersebut dipakai untuk melepas bak kopling dan tuas starter. Selanjutnya untuk penyetelan,diperlukan kunci pas 10 dan obeng kembang.Cara penyetelannya dengan terlebih dulu mengendurkan mur ukuran 10(gbr.3) yang dipakai untuk mengunci batang penekan pendek tuas kopling. Selanjutnya baru memutar batang keluar atau ke dalam, sampai 2 nok tersebut bisa sejajar.
Bila masih susah oper gigi,maka mesti dicek pada part yang namanya tuas penekan kopling.ada kemungkinan terdapat masalah pada batang tuas penekan kopling (gbr.4), sehingga mengganggu kinerja part tersebut saat hendak oper gigi.
2.Pemeriksaan,perbaikan dan pemasangan kopling otomatis.
                Untuk pemasangan kopling otomatis(kopling sentrifugal) harus besama sama dengan pemasangan kopling mekanis.karena,gigi pada kruk as dan pada rumah kopling luar saling bertautan.Sebagai pengingat perhatikan seluruh komponen komponen kopling otomatis pada sepeda motor honda jenis cub dibawah ini.mulai dari washer dan bentuk mur jangan sampai lupa waktu pemasangan nanti.


Gambar 1.25 komponen kopling sentrifugal
                Adapun komponen komponen yang perlu mendapatkan pemeriksaan dan penggantian pada kopling otomatis jenis sepeda motor cub adalah:





a.       Pemeriksaan kopling satu arah.

       
Gambar 1.26 Pemeriksaan roller weigh
               
                Cara pemeriksaan sangatlah mudah seperti gambar 1.26.komponen kanvas ganda bila diputar searah jarum jam,harus terasa berat(karena poros engkol ikut berputar).bisa juga,memutar tromol kanvas searah jarum jam.
kondisi roller weigh baik bila.
1.       Secara bersama sama seluruh part kopling ganda ikut berputar.
2.       Secara bersama sama poros engkol ikut berputar(searah jarum jam).
3.       Hanya tromol(mangkuk ganda) yang berputar,bila diputar berlawanan searah jarum jam.sedangkan kanvas ganda dan poros engkol tidak ikut berputar.

Sedangkan kondisi roller weigh dinyatakan kurang baik/rusak bila:                   
1.       Ketika mangkuk ganda diputar searah jarum,mangkuk(tromol)terus berputar,sedangkan kanvas ganda dan poros engkol tetap diam.
2.       Ketika tromol diputar berlawanan searah jarum jam,kanvas dan poros engkol ikut berputar(terasa berat)
            Bila kondisi roller yang kurang baik/rusak dibiarkan dapat membahayakan pengendara.selain itu akan terjadi hentakan pada saat gear transmisi dioperasikan.kerusakan biasanya pada pegas roller karena patah atau sudah lembek.selain pemeriksaan seperti diatas,perhatikan juga jarak bebas antara kanvas ganda dan tromol.tidak boleh terlalu mepet(sampe lengket) dan tidak boleh terlalu renggang.

b.       Pemeriksaan kopling sentrifugal(ganda)



Gambar 1.27 Kopling sentrifugal
                Kanvas sentrifugal/biyasa orang menyebut kopling ganda mempunyai bagian bagian didalamnya yang memerlukan pengecekan dan penggantian secara berkala.komponen tersebut adalah:
1.       Ketebalan bandul kopling(gbr.1.27)mempunyai batas servis 1,0 mm.standar 2,1 mm
2.       Pegas kopling sentrifugal.mempunyai batas servis 1,0 mm.standart 10,2 mm
3.       Pemeriksaan bos kanvas ganda.pemeriksaan ini untuk mengetahui aus,bengkok,kocak tidaknya bos dengan bantalannya.bila longgar cukup di pres ulang.

Gambar 1.28 Pemeriksaan bos kanvas sentrifugal
Pada plat penggerak dipasangkan tiga buah dum(karet kopling ganda)periksa kondisinya.retak,pecah atau keras.bila keras harus diganti dengan yang baru.karet kopling ganda ini berbeda dengan karet kopling house.kalau karet kopling ganda berfungsi sebagai peredam bandul kanvas pada saat kembali keposisi semula(posisi menutup).sedangkan karet kopling house berfungsi sebagai pengikat gigi skunder dengan rumah kopling,selain itu berfungsi meriduksi getaran yang ditimbulkan oleh gerak putar poros engkol.bentuknya seperti gambar yang dilingkari merah di bawah ini.


Gambar 1.29 Karet kopling sentrifugal(lingkaran merah)








4.Pemeriksaan tromol kopling.

    
           Gambar A                                                     Gambar B

Tromol kopling sentrifugal(mangkuk kopling) dapat dilihat pada gambar A untuk mangkuk kondisi normal dengan batas servis 104,30 mm.sedangkan mangkuk kopling gambar B memperlihatkan kondisi tromol yang sudah rusak.penggantian tromol kopling tidak harus satu pc.bisa dibelikan tromolnya saja.adapun cara penggantian tromol kopling ganda dengan melepas paku keling(tiga buah) menggunakan gerinda dan bor.hanya seoeda motor jenis honda yang bisa dibongkar pasang tromol koplingnya.untuk proses pemasangan harus dengan sangat teliti dan hati hati.salah pemasangan bisa menyebabkan suara yang kasar dan pada mesin dapat menyebabkan getaran.lebih aman dan cepat dapat diganti satu pc,walaupun harus mengeluarkan biaya 600 ribuan.

5.Roda gigi primer.


Gambar 1.30 Gear primer yang terhubung langsung dengan tromol kopling.

Ø  PENTING!!!
                Roda gigi primer pada jenis sepeda motor honda sangat berbeda dengan sepeda motor lain.terutama pada sepeda motor jenis astrea grand dan supra,supra X,supra 125 dan supra fit,supra fit s dan fit X.pada jenis motor supra x,grand,supra 125 berbeda cara pemasangannya dengan jenis motor supra fit,X,dan fit S.untuk jenis grand dan supra tidak perlu menyetel roda gigi SUB.tinggal putar sedikit ke arah berlawanan jarum jam dan tepatkan dengan roda gigi skunder(roda gigi kopling house) baru didorong masuk secara bersamaan.sedangkan pada supra fit,fit x dan fit s.cara pemasangannya,roda gigi SUB harus diputar berlawanan dengan jarum jam,sampai berbunyi “KLIK” baru ditepatkan dengan gigi skunder kopling house.

                Untuk pemeriksaan,perhatikan roda gigi primer dan roda gigi SUB.apakah ada keausan atau cacat.selain itu putar gigi SUB dah lepas secara tiba tiba.kondisi gigi primer dan gigi sub dinyatakan baik bila gigi terebut dapat kembali dengan cepat ke posisi semula.untuk roda gigi primer bila keausan dibiarkan dapat menyebabkan suara bunyi pada mesin(seperti suara mendengung) dan dapat merusak komponen yang lain.
               
6.       Pemeriksaan kopling manual.
Pemeriksaan kopling manual sama dengan pemeriksaan koling mekanis(pada pembahasan sebelumnya)yaitu meliputi:
a.       Pemeriksaan ketebalan kanfas kopling batas service 2,6 mm.
                                  

Gambar 1.31 Pemeriksaan ketebalan kanvas kopling
b.       Pemeriksaan ketebalan plat kopling.batas service 0,10mm.
Gambar 1.32 Pemeriksaan kebengkokan plat kopling
Selain memeriksa kebengkokan yang juga wajib diperiksa adalah ketebalan,pada sepeda motor tertentu pada plat diberi tanda bintik bintik dengan maksud,bila bintik bintik tersebut terkikis habis plat harus diganti karena melebihi batas servis.bisa juga plat ditaruh pada permukaan kaca,dengan cara menekan bagian luar secara bergantian dapat dirasakn bengkok tidaknya plat tersebut.
c.        Pemeriksaan bos rumah kopling
Pemeriksaan bos rumah kopling hanya diperlukan pada sepeda motor selain jenis GL SERIES.Dikarenakan jenis gl- series tidak mengunakan bos kopling.melainkan rumah kopling langsung berhubungan dengan mainshaft transmisi(seperti ger depan) yang diyakini salah satu jenis motor sport yang PD dan tidak akan terjadi suara “gemmblodak”pada mesin sebelah kanan.sangat beda dengan tipe lain terutama jenis honda tiger yang bersuara lebih kasar.dibawah ini gambar rumah kopling tiger dan gl series.

   
     
       Gambar 1.33 Kopling house tiger.                              Gambar 1.34 Kopling House GL.

d.       Pemeriksaan plat pengungkit
Pemeriksaan plat pengungkit(telah dibahas pada bab sebelumnya).
e.       Pemeriksaan bearing plat kopling.
Pemeriksaan bearing/klaher telah dibahas pada bab sebelumnya.
f.         Pemeriksaan kondisi karet kopling house.
Pemeriksaan kondisi karet kopling house dapat dilakukan dengan cara memutar gear skunder dengan menahan rumah kopling.pada saat diputar,kondisi gear dan rumah kopling tidak boleh goyang/kocak.bila goyang harus diganti karet kopling house.dengan membuka paku keling yang mengikat gear skunder dan rumah kopling.
 
Gambar A                                                             Gambar B

                Pada gambar A kondisi karet kopling belum dibuka.pada gambar B terlihat jelas karet kopling yang sudah mengeras.bila sampai pecah dapat berakibat pecahan dari karet kopling dapat menyumbat saluran saluran oli yang menuju silinder head dan connetingrod(stang sker).
                                                                     






C.Pemasangan Kopling Sentrifugal Dan Kopling Mekanik.

1.       Pemasangan ring dan bos pada mainshaft
 
Gambar 1.35 Pemasangan bos dan washer/ring pada honda supra.

                Sebelum memasang komponen kopling jangan lupa pasang semua ring dan bos yang ada pada mainshaf transmisi dan kruk as bagian dalam.ring pada krukas ada satu buah(menempel dengan klaher krukas),sedangkan pada mainshaft ada dua,satu ring penyekat dan yang satu ring pengunci.agar ring penyekat tetap pada posisinya.setelah ring terpasang semua lanjutkan memasang bos rumah kopling pada mainshaft.

2.       Pemasangan kopling otomatis dan mekanik.

Gambar 1.36 Pemasangan kopling otomatis dan mekanis

Waktu pemasangan komponen(seperti gambar 1.11) harus dilakukan bersama sama.yaitu meliputi:tromol kopling ganda,kopling mekanik dan penutup bawah kopling.dan jangan langsung ditekan,dengan perlahan putar secara bergantian baik kopling manual maupun kopling otomatisnya.setelah ujung gigi primer mau mentok ke klaher krukas,baru meneruskan dengan memutar gigi SUB berlawanan dengan arah jarum jam(seperti yang dibahas pada bab sebelumnya).setelah pas baru tekan dengan perlahan sampai rumah kopling mekanik dan otomatis tepat pada poisinya.


3.Pemasangan Mur Kopling,plat pengungkit dan pernutup kopling bawah.(torsi 1,2 kg-m)
            
         Gambar 1.37 Pemasangan penutup kopling bawah dan ring,mur kopling mekanik.
4.Pemasangan mur pengikat kopling manual dengan kunci moment(torsi 4,3 kg-m)
Gambar 1.38 Pemasangan mur kopling manual.
5.Pemasangan washer (ring) pengunci pada kopling sentrifugal.
 
Gambar 1.39 Pemasangan ring pengunci dan ring “out side”
Ø  Ingattt!!..
Untuk sepeda motor jenis supra fit,fit x dan fit s.sebelum memasang kanvas kopling ganda didalam tromol kopling terdapat satu buah ring dengan ketebalan 2mm.ring ini harus terpasang dengan tepat.bila tidak tepat atau tidak terpasang dapat menyebabkan bunyi yamg kasar dan getar pada kendaraan.
6.Pemasangan mur pengikat kopling sentrifugal(torsi 4,3 kg-m)
      Gambar 1.40 Pemasangan Mur kopling sentrifugal(kopling ganda)

7.Pemasangan saringan oli dan penutup saringan oli.(torsi 0,6 kg-m)

 
                        Gambar 1.41 Pemasangan saringan oli.

8.Pemasangan tuas pengungkit

Gambar 1.42 Pemasangan tuas pengungkit



9.Pemasangan bak kopling dan penyetelan kopling.

Gambar 1.43 Pemasangan bak kopling.

10.Final check/penyetelan kopling.

Gambar 1.44 Cara menyetel kopling.
Sediakan kunci  pas ring  no ’14  &  obeng  minus (-)  ,  kendorkan  mur  kemudian  setel bolt adjusting dengan obeng (-).
Caranya sebagai berikut:
Ø  saat adjuster  di putar  ke kiri , maka  jarak main kopling akan menjadi lebih dalam ( istilahnya tuas versneiling di injak  agak dalam  baru  bisa pindah  posisi  gear transmisi ).
Ø  jika adjuster  diputar  ke kanan.maka  jarak main kopling akan menjadi lebih pendek,lebih cetek,injak  tuas sedikit saja  transmisi gear bisa dengan mudah berpindah.tentusaja  penyetelan harus melihat kondisi  kesehatan unit kopling,ga bisa asal putar.sesuaikan feel  &  selera kenyamanan pengopresasian tuas versneiling.tips ini bisa dilakukan di semua jenis bebek bertransmisi semi auto matic.Untuk penyetelan standart,putar baut berlawanan arah jarum jam sampe terasa berat.kemudian putar balik ⅛.tahan baut,kemudian kencangkan mur/nut.



Ø  OTO TIPS!!!
Rotor Filter Oli Wajib Diservis Juga!
Rotor oli filter diservis pas lagi copot bak mesin(kiri). Kerak geram cukup di cuci pakai bensin(kanan).
Khusus Honda GL series hingga Tiger,Revo.filter oli yang wajib dibersihkan bukan cuma yang ada di bawah crankcase kiri. Di mana di dalamnya terpadat kawat kasa yang ditahan seperti tutup klep dan ditekan pegas.Kawat kasa bertugas menyaring kotoran kasar oli di bawah bak mesin setelah pelumas bersirkulasi. Lalu oli tersaring tadi diisap pompa oli untuk dialirkan ke beberapa bagian. Di antaranya ke head, kruk-as,pisston,girboks juga kopling.cuma khusus aliran pelumas dari pompa ke arah kruk as dan piston, kembali disaring saat melewati rotor saringan oli. Sehingga oli yang akan melumasi bagian berputar dan bergesek seperti kruk-as dan piston bersih dari serbuk gram(serpihan besi halus)
Karena kerjanya terus menerus atau berulang,gram yang tidak  tersaring kawat kasa,lama kelamaan akan numpuk di dalam rumah rotor filter oli. Jika didiamkan atau dianggap sepele,dipastikan serpihan besi halus bikin mampet aliran oli. Mesin pun gampang overheat,Yakin Penulis.Oleh sebab itu, saran penulis saat servis filter oli(mengover houl kopling)jangan cuma kawat kasanya.rotor filter oli yang terpasang di depan gir primer dan berada didalam bak mesin juga perlu dibersihkan.
Bedanya bersihin kawat kasa bisa kapan saja.tapi,servis rotor oli filter biasanya dilakukan saat bak kopling dibongkar atau ketika servis besar.sebab rotor oli filter di dalam bak mesin harus dibongkar saat dipasang pada poros kruk-as kiri.
Prosesnya sendiri dengan melepas bak kopling berikut peranti lainnya yaitu kick starter,kabel dan tuas kopling.tidak lupa saat copot bak mesin,oli di dalam crankcase dibuang lebih dulu hingga tuntas.Setelah rotor filter oli tampak, langkah berikut buka tutup rotor dengan mengendurkan tiga bautnya.Baru tutupnya dibuka perlahan agar serbuk besi yang sudah menumpuk tidak tumpah.Biar maksimal,sekalian rotor dilepas dari as dengan membuka mur pakai kunci sok 17.Begitu terpisah kotoran dan serbuk besi dicuci pakai bensin hingga kerak yang keras dapat terangkat.
                Untuk sepeda motor jenis jenis cub(bebek)cara membersihkan rotor filter oli juga sama,yaitu dengan membuka tutup rotor.(SEPERTI GAMBAR DI ATAS)
Ingatt!!Ketika membuka rotor filter bila terhjadi kerusakan pada paking,pack tersebut wajib diganti.














EVALUASI
A.TUGAS KELOMPOK
Buatlah kelompok masing masing 3 orang ,carilah permasalahan dan cara mengatasinya(troble shoot) yang terjadi pada komponen kopling mekanis,hidrolis dan otomatis.informasi tentang permasalahan berasal dari sumber tempat kalian Praktik Kerja Industri.
B.Berilah Tanda Silang (X) pada huruf a,b,c,d atau e sesuai dengan jawaban yang paling tepat!

1.    Apa fungsi dari Flywheel…..
a.    Meneruskam putaran dari engine ke roda
b.    Meneruskan putaran dari clutch sentripugal ke Clutch housing
c.    Meneruskam putaran dari cemshaf ke transmisi
d.    Memutuskandan menghubungkan putaran dari engine ke transmisi.

2.    Apa yang di maksud dengan kopling doble dis…
a.    Memiliki 2 dis
b.    Memiliki lbih dari 2 dis
c.    Hanya memiliki 1 dis
d.    Tidak memiliki dis
3.    Apa fungsi dari Gearbox input shaft …..
a.    Meneruskan putaran dari Clutch ke transmisi
b.    Merubah gerak putar
c.    Penghasil tenaga
d.    Perobah tenaga

4.    Apa fungsi dari Spring…
a.    Mengembalikan kanpas
b.    Memgembalikan kopling
c.    Mengembalikan kanpas dan plat di agar tetap bergesekan
d.    Menekan Clucth centre

5.    Apa yang di maksud dengan Automatic Clutch ………
a.    Kopling yang bekerja dengan menggunakan bantuan pengemudi
b.    Kopling yang bekerja pada saat proses perpindahan gigi
c.    Kopling yang bekerja pada saat engine memiliki beban berat
d.    Kopling yang bekerja secara sentripugal tergantung dariputaran

6.    Apa fungsi rasio pada roda gigi….
a.    Membedakan putaran antara roda gigi satu dengan yang lainnya
b.    Membedakan jenis putaran
c.    Membedakan beban
d.    Membedakan produk

7.    Pada sebuah kendaraan, pada gigi satu memiliki roda gigi Frimer 32 dan sekunder     hitunglah rasio giginnya
a.    4                     b.0,4                   c.5                       d.0,5
8.    Kopling yang di gunakan pada sepedah motor umumnya menggunakan jenis kopling berdasarkan kondisin kerjanya adalah…
a.    Kopling kering
b.    Kopling basah
c.    Kopling sentripugal
d.    Kopling ganda
9.    Apa fungsi dari  Clucth centre……
a.    Meneruskan putaran dari clutch sentripugal ke Clutch housing
b.    Meneruskan putaran dari plat dis ke Gearbox input shaft
c.    Merobah arah putar
d.    Menahan tekanan dari transmisi

1
0.    Pada saat sepeda motor  sudah menempuh jarak 5000 km kopling harus ………..
a.    Di periksa dan di setel
b.    Di periksa dan penggantian kanpas
c.    Di periksa dan penggantian plat dis
d.    Di periksa dan penggantian Clutch housing
12.Perhatikan gambar.
 
Gambar di atas menunjukan jenis kopling ….
a.    Kopling hubungan langsung
b.    Kopling hubungan reduksi
c.    Kopling sentripugal
d.    kopling hubungan langsung dan reduksi

13.    Apa fungsi dari v bel ….
a.    Meneruskan putaran ke sentripugal cluth
b.    Merobah putaran
c.    Menghasilkan putaran
d.    Meneruskan putaran ke roda
14. Komponen kopling yang berfungsi untuk menekan diagprahma spring dan dapat berputar adalah . . . .
a. flywhell                       c. cluth disk                      e. realease bearing
b. cluth cover
                 d. realease fork.

15. Hal-hal berikut menunjukkan fungsi kopling kecuali,…
a. meneruskan tenaga dari transmisi ke propeller
b. meneruskan tenaga dari flywhell ke input shaft
c. memudahkan pemindahan perkaitan gigi percepatan
d. supaya kendaraan pada saat awal berjalan dapat berjalan dengan lembut
e. meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi
.
16. persaratan yang harus di miliki oleh sebuah unit kopling adalah
      a. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi
      b. dapat melepaskan hubungan antara poros engkol dengan transmisi
      c. dapat meneruskan putaran dari poros engkol ke transmisi secara
          berangsur-angsur dan merata tanpa hentakan
c.        jawaban a,b,c betul semua

17. Secara garis besar ada berapakah bagian kopling manual…….
       a. 2                    b.3                  c.4                     d.5
18.  Di bawah ini merupakan komponen-komponen bagian kopling yang
       terdapat pada clutch outer drum kecuali
        a. pressure plate
        b. friction plate
        c. steel plate
        d.lifter rod       
       
19.   Pada saat handle kopling di tekan clutch lifter menahan pressure plate
        melalui lifter plate, hal ini akan menghasilkan terjadinya kerenggangan antara plat     kopling dan kampas kopling, sehingga putaran mesin menuju transmisi dan roda belakang  terputus
         pernyataan di atas menunjukan prinsif kerja kopling………….
         a. kopling otomatis
          b. kopling ganda
          c. kopling manual
          d.kopling kering

20. Bagian kopling manual yang berputar mengikuti putaran poros engkol
      adalah………………
             a. clutch outer
             b. clutch disk
             c. clutch center
    d.clutch plate 

21. Arti dari Clutch Assy adalah ….
             a. Kopling dalam satu set
             b. Komponen – komponen kopling
             c. Komponen kopling yang harus diganti saat pembongkaran
             d. Kopling dengan sumber tenaga dari mesin
22. Ada berapakah jumlah friction plate (kampas kopling) pada sepeda
      motor honda supra ...   
             a. 3 buah                                      c. 6 buah
             b. 4 buah                                      d. 5 buah                                                                           
            
23. Berapakah setandar ketebalan dari friction plate untuk sepeda motor
             honda supra x
             a. 2,3 mm
             b. 2,4 mm
             c. 2,6 mm
             d. 2,5 mm
              
24.Berapakah Ukur panjang bebas pegas kopling sepeda motor supra….
             a. 35,8 mm
             b. 36 mm
             c. 34,5 mm
             d. 34,8 mm
              
25. Hal yang harus di perhatikan pada saat perakitan mekanisme unit
             kopling salah satunya adalah penempatan ring pengunci yang ada
             tulisan  outside hurup/tulisan itu harus menghadap ke arah………..
             a. samping
             b. luar
             c. bawah
             d.atas

26. Kopling yang bekerja berdasarkan adanya gaya sentrifugal adalah
      kopling jenis………..
             a. ganda
             b. otomatis
             c. manual
             d.basah

27. Berapakah standar ukuran diameter rumah kopling otomatis sepeda
      motor supra
             a. 104,0 - 104,2
             b. 104,2 - 104,5
             c. 105,0 - 105,2
             d. 105,2 - 105,5
              
28.Di bawah ini merupakan kunci spesial tool yang biasa di gunakan
      dalam bongkar/pasang (pengerjaan) kopling kecuali
             a. Lock nut wrench,
             b. Universal holder
             c. Flywheel holder
             d. hydrometer
29.Yang bukan merupakan komponen pengoperasian kopling otomatis
      adalah …
             a. clutch shos
             b. one way clutch
             c. clutch drum
            d. cluth handle
30. Ada berapa jumlah pegas pada unit kopling otomatis……………..
            a. 3 buah
            b. 4 buah
            c. 5 buah
            d. 6 buah 
31.Pada mekanisme kopling otomatis ada komponen yang berfungsi supaya kopling       otomatis hanya bisa bergerak satu arah, apa nama komponen itu…………..
             a. bearing
             b. washer
             c. drive plate
             d. one way clutch   
32.Apa akibat yang akan ditimbulkan apabila mesin yang menggunakan
     kopling otomatis memakai additive oil………..
             a. kopling akan cepat slip
             b. kinerja kopling lebih baik
             c. akselerasi makin bagus
             d. tidak ada pengaruh
33.Apa tujuanya sepeda motor bebek mengaflikasi kopling jenis otomatis
             a. untuk mengatasi hentakan pada saat sepeda motor masuk gigi satu
                 pada awal start
             b. karena lebih canggih
             c. untuk memudahkan proses perawatan
             d. supaya pengunaan sepeda motor lebih nyaman
34.Lapisan plat kopling disebut dengan kanvas kopling terbuat dari
     paduan bahan asbes dan logam. Paduan ini dibuat dengan tujuan
             agar plat kopling dapat memenuhi persyaratan ...
             a. Dapat menahan beban akibat putaran fly wheel yang berasal
                 dari mesin
             b. Bahan tersebut tahan terhadap beban arah aksial dan arah radial
             c. Tahan terhadap tekanan pegas kopling
             d. Tahan terhadap panas, gesekan dan dapat mencengkeram dengan
                  baik
          

35. Gambar di atas merupakan unit mekanis one way clutch ada berapakah
      bantalan baja pada bagian itu…………..
             a. 4 buah
             b. 5 buah
             c. 6 buah
             d. 3 buah

C.JAWABLAH SOAL DI BAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG TEPAT !
1. a. Sebutkan Fungsi dari kopling
    b. Sebutkan komponen-komponen kopling hidrolis dan jelaskan fungsinya (minimal 5)

2. Jelaskan cara kerja master silinder kopling pada saat :
    a. Pedal ditekan
    b. Pedal dilepas

3. Jelaskan keuntungan dan kerugian pada :
    a. Kopling mekanis
    b. Kopling hidrolis
4.       Perhatikan Gambar !

   a. Sebutkan komponen pada gamabar disamping !
   b. Uraikan cara kerja gambar di samping
5. Sebutkan dan jelaskan macam – macam kebebasan pada silinder kopling !

6. Uraikan langkah-langkah Bleeding / pembuangan udara pada system kopling hidrolik!

7. a. Sebutkan gejala-gejala pada kopling selip !
    b. Sebutkan sebab-sebab kopling selip !
    c. Uraikan langkah pemeriksaan pada kopling selip !
8. Perhatikan gambar plat kopling di samping ini :
    a. Sebutkan nama komponen pada gambar di samping
    b. Jelaskan fungsi masing-masing komponen
    c. Sebutkan macam syarat-syarat kanvas kopling.
9. a. Apa yang dimaksud dengan kopling menggesek dan apakah perbedaannya
         dengan kopling selip ?
    b. Sebutkan sebab-sebab kopling mengesek !
10.a.Sebutkan kompononen komponen kopling mekanis tipe basah!
     b.Sebutkan komponen komponen kopling otomatis.
D.SKALA SIKAP.
1.Ketika kamu sedang mengerjakan /mengoverhoul kopling pasien,tiba tiba ada pasien perempuan yang mengeluhkan kondisi motornya  rusak.Bagaimana Perkataan dan sikap kamu sebagai pekerja profesional,bila pekerjaan kamu masi banyak dan perlu antri.Jelaskan menurut kamu!
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------..............................................................................................................................................................................................................................
2.Ketika kamu sedang jalan jalan dan lagi asik asiknya,tiba tiba terlihat didepan kamu ada orang tua minta pertolongan karena motornya mogok/rusak.jelaskan apa yang akan kamu lakukan!
..............................................................................................................................................................................................................................
3.Ketika kamu sudah menyelesaikan pekerjaan mengoverhoul kopling,tiba tiba pasien mengatakan mau nge-bon(berutang),bagai mana sikap kamu dan perkataan kamu!
...................................................................................................................................................................................
NAMA                         :



KELAS                         :


PROGRAM KEAHLIAN   :
NILAI
TANGGAL


PARAF
ORANG TUA
INSTRUKTUR



E.Kriteria Penilaian          
1.Aspek Penilaian Uji Kompetensi Teori (Kognitif)
NO
Aspek Penilaian

Skor (1 – 10)
Bobot
Nilai
Keterangan
1
Soal no.1 – 35 bagian B


3,5

Skor minimal 70
2
Soal no. 1 – 10 bagian I0


6,5

Skor minimal 70

Jumlah


10

Skor minimal 70
2.Aspek Penilaian Uji Kompetensi Praktik (Afektif dan Psikomotorik)
No
Aspek Penilaian
Skor (1 – 10)
Bobot
Nilai
Keterangan
1
Sikap:
1.Kerapian
2.Persiapan alat
3.Sikap kerja
4.Disiplin kerja
5.Kepatuhan
6.Taat asa
7.Keselamatan kerja


0,2
0,3
0,5
0,5
0,5
0,5
0,5

Afektif skor minimal 70
2
Ketrampilan Praktik|:
1.Pengunaan alat
2.Urutankerja pembongkaran
3.Urutan langkah kerja pemasangan
4.Ketelitian kerja


1,0
1,5

1,5

1,0





Psikomotorik skorminimal 70
3
Hasil kerja


2,0



Jumlah


10

Nilai minimal 70
F.Rumus penilaian.
Nakhir     = 0,3 Nt+ 0,7 Np
Keterangan     :
Nakhir                        : Nilai akhir
Nt                              : Nilai teori
Np                      : Nilai praktik

DAFTAR  PUSTAKA
 
AHM(PT ASTRA HONDA MOTOR).Pengetahuan Produk.Jakarta : Astra Honda Training centre.

AHM(PT ASTRA HONDA MOTOR).Buku Pedoman Reparasi,Honda Karisma,Supra X.

AHM Buku pedoman reparasi honda TIGER DAN GL SERIES.Jakarta PT Astra Honda Motor.

Teknik Reparasi Dan Perawatan Sepeda Motor.Drs.Daryanto.

Belajar Teknik dan Perawatan Kendaraan Ringan Mesin 4 Langkah.Marsudi,M.T

Otomotif Group.dongkrak performa motor.2011.

Teknik Sepeda Motor jilid 3.

Diklat Astra Honda Motor.Tahun 2001,Jakarta.





















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar